Mentawai Masih Butuh Hewan Kurban! Baru 145 Ekor Untuk 5 Dari 10 Kecamatan

9
Ilustrasi.(NET)

Beberapa hari menjelang perayaan Idul Adha di Kepulauan Mentawai, total kurban baru mencapai 145 ekor untuk 5 kecamatan dari 10 kecamatan di Kepulauan Mentawai.

Sementara, saat ini ada ratusan masjid dan belasan mushala yang tersebar di sepuluh kecamatan di wilayah Kepulauan Mentawai.

Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Mentawai, Masdan, Selasa, (5/7) mengatakan, saat ini jumlah kurban di Kepulauan Mentawai terdiri dari 2 ekor kerbau, 126 sapi dan 17 ekor kambing. Sebarannya, untuk lima kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai.

“Untuk jumlah kurban terbanyak masih berada di wilayah Kecamatan Sipora Utara mencapai 39 ekor sapi dan 2 kambing. Untuk yang paling minim berada di Kecamatan Sipora Selatan yang hanya berjumlah 14 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari 9 masjid yang ada,” ungkapnya.

Artinya, saat ini jumlah kurban masih relatif rendah dibanding tahun sebelumnya. Menurut dia, untuk di wilayah Sipora Selatan bisa dirata-ratakan hanya mendapat satu ekor sapi kurban untuk satu masjid.

Dia berharap, dengan waktu yang masih tersisa menjelang perayaan Idul Adha mendatang akan ada penambahan kurban untuk Mentawai.

Baca Juga:  Belum Sempat Digunakan, Dermaga Labuanbajo Amblas

Sekretaris Basnas Kepulauan Mentawai, Bayu Priyadi mengatakan, saat ini untuk wilayah Sipora Utara kurban terbanyak dipegang oleh Mushala Annur, kilometer 7 Desa Siporajaya mencapai 8 ekor sapi.

Dimana, kata dia, selain memang setiap tahunnya sebagai penyumbang kurban terbanyak, karena kesadaran warga yang ingin berkurban juga didominasi dari kalangan ASN.

“Untuk sementara, Mushala Annur kilometer 7 penyumbang kurban terbanyak di wilayah Sipora Utara sebanyak 8 ekor. Selebihnya, masing-masing masjid masih kisaran 3 ekor sampai 4 ekor sapi saja,” ungkapnya.

Dia juga tidak menampik, kondisi pascapandemi yang berimbas terhadap ekonomi masyarakat dan masuknya virus PMK terhadap hewan. Menjadi salah satu penyebab berkurangnya kurban tahun ini.

Dia juga berharap, ada perhatian dan kepedulian terhadap muslim Mentawai dari lembaga atau pun lainnya untuk perayaan kurban tahun ini.

Terkait pendistribusian hewan kurban ke Mentawai, Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Mentawai, Hatisama Hura mengatakan, sesuai prosedur mesti melewati karantina. Hal ini, kata dia, demi menghindari penyebaran virus PMK di Kepulauan Mentawai yang masih berstatus zero kasus.(rif)