Kodim 0319 Mentawai Manfaatkan Lahan Tidur

11
PANGAN: Giat demplot penanaman jagung manis oleh jajaran Kodim 0319 Kepulauan Mentawai dalam rangka mendukung program pemerintah mensukseskan Hari Pangan Nasional.(IST)

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Kodim 0319 Kepulauan Mentawai terus berupaya mendukung program pemerintah melalui ketahanan pangan di wilayah jajarannya.

Yakni, dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai demplot tanaman jagung manis seluas 100 meter persegi di komplek Kodim 0319 Kepulauan Mentawai, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Sabtu (8/1).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0319 Kepulauan Mentawai, Letkol Febi Adrianto yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, pembukaan lahan demplot tersebut, sudah berlangsung semenjak sepekan yang lalu. Selain jagung, kata dia, juga akan didukung dengan tanaman berupa sayur-sayuran.

“Nah, hari ini kita mulai tanam jagung sebanyak 800 batang. Di samping itu juga kita sisipi dengan tanaman berupa sayur-sayuran. Kita harapkan ini dapat mendukung ketahanan pangan di wilayah Kodim 0319 Kepulauan Mentawai,” ungkapnya.

Lahan demplot tersebut, kata dia, juga bertujuan memberikan contoh dan menarik minat masyarakat untuk lebih jeli menciptakan peluang usaha di tengah situasi pandemi saat ini. Menurut dia, masih banyak lahan tidur yang belum tergarap maksimal oleh para petani di Kepulauan Mentawai.

Baca Juga:  Sejak Selasa Jaringan Internet di Tuapejat Terganggu

“Kita melihat masih banyak lahan tidur yang belum digarap maksimal oleh petani kita. Nah, melalui program Hanpangan ini, kita harapkan dapat memberikan manfaat pembelajaran bagi masyarakat, terutama petani dalam melihat peluang usaha yang otomatis akan dapat memberikan nilai ekonomis,” ujarnya.

Selain jagung dan sayur-sayuran, kawasan tersebut juga akan didukung dengan kolam ikan patin dan ikan nila. Bila ini berjalan dengan baik, kata dia, tidak saja mendukung ketahanan pangan, namun juga mampu untuk pemenuhan kebutuhan keluarga.(rif)