DPRD Mentawai Sahkan Perda APBD Perubahan Tahun 2020

20

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten kepulauan Mentawai mengesahkan rancangan peraturan daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2020 menjadi peraturan daerah.

Pengesahan ranperda menjadi perda itu dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Mentawai dengan agenda pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap ranperda tentang perubahan APBD 2020 dipimpin Ketua DPRD Mentawai, Yosep Sarogdok.

Rapat paripurna diakhiri pengambilan keputusan terhadap ranperda APBD Perubahan tahun 2020 ditandatangani Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake.

“Kita setujui APBD perubahan sebesar Rp 888 miliar dari APBD murni 2020 Rp 1,019 triliun atau terjadi pengurangan Rp 131 miliar,” kata Ketua DPRD Mentawai, Yosep Sarogdok, Kamis (10/9/2020) malam.

Dia menyebutkan, sebelumnya, fraksi-fraksi di lembaga legislatif secara bulat menyatakan menerima dan menyetujui ranperda APBD Perubahan 2020 yang diajukan Pemerintah Kabupaten Mentawai beberapa waktu lalu.

“Kami terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan fraksi-fraksi maupun seluruh anggota yang membahas dan akhirnya menyetujui ranperda yang diajukan menjadi perda,” ujar Wakil Bupati Mentawai usai rapat paripurna.

Baca Juga:  Gempa Beruntun Guncang Mentawai

Dia mengatakan, pengurangan anggaran pada perubahan APBD 2020 disebabkan keadaan darurat penanganan bencana non alam Covid-19 yang ditetapkan sebagai bencana nasional sehingga banyaknya perubahan kebijakan penggunaan anggaran.

“Anggaran perubahan 2020 ini lebih pada penanganan Covid. Pemulihan ekonomi yang lain itu kita bisa abaikan tetapi pemulihan Covid itu yang utama, konsekuensinya tentu terganggunya pembangunan infrastruktur kecuali bidang pendidikan dan kesehatan,” pungkasnya. (rif)