Taspen Jamin JKK-JKM Pegawai Non-ASN Kabupaten Mentawai. Kok Bisa?

15

PT Taspen (Persero) KC Padang mengadakan pertemuan dengan Pemkab Kepulauan Mentawai. Pertemuan ini berlangsung di Kantor Taspen Padang, Kamis (8/7/2021) lalu, dengan agenda penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai non Aparatur Sipil Negara (non ASN) di wilayah Pemkab Mentawai.

Pertemuan ini dihadiri Branch Manager Taspen Padang, Ahmad Suranto, dan Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus D. Ahmad Suranto menyampaikan apresiasi terhadap langkah Pemkab Mentawai yang mengikutsertakan pegawai non-ASN dalam program JKK-JKM yang dikelola Taspen.

“Hal ini merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah selaku pemberi kerja terhadap keselamatan para pegawainya. Selain itu, ia berharap agar kedepannya Pemkab dan Pemkot di daerah lain juga dapat mengikuti jejak langkah yang dilakukan Pemkab Mentawai ini,” ujar Ahmad.

Saat ini PT Taspen mengelola empat program; yaitu Dana Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Program JKK-JKM tidak hanya diperuntukkan untuk ASN saja namun juga untuk pegawai non- ASN seperti yang diamanatkan oleh PP nomor 70 Tahun 2015. (*)