Pekan Depan, Kapal Lambat Antar-Pulau Resmi Dikelola Pihak Ketiga

25

Lima unit kapal antar-pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal dikelola PT. Asimi. Penetapan tersebut, berdasarkan hasil tender yang telah dimenangkan oleh rekanan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai, Tohap Nababan kepada wartawan, Rabu (14/04/2021) membenarkan hal tersebut.

Dia menjelaskan, minggu depan layanan antar-pulau sudah beroperasi dan dikelola oleh pihak ketiga.

“Mulai Sabtu besok, lima unit kapal antar-pulau milik Pemkab akan beroperasi dan dikelola oleh PT. Asimi. Semua sudah melalui mekanisme atau proses tender untuk layanan kapal lambat antar-pulau tersebut,” ungkapnya.

Sementara untuk layanan kapal cepat antar-pulau, kata dia, pihaknya menyebutkan masih diundur. Dia juga belum memastikan, kapan layanan kapal cepat antar-pulau bisa beroperasi di wilayah Kepulauan Mentawai.

Anggota Banggar DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Alex Zalukhu menyebutkan, PT. Asimi merupakan salah satu perusahaan milik salah seorang putra Mentawai.

Untuk itu, dia mengharapkan, layanan antar-pulau betul-betul menggunakan konsep memanusiakan manusia.

“Kita yakin dan percaya ini bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Mentawai. Namun, tetap akan kita pantau dan evaluasi terus. Termasuk juga mekanisme tendernya, apakah sudah sesuai atau belum,” ungkapnya.

Meski begitu, dia juga akan tetap mempertanyakan anggaran operasional kapal antar-pulau yang sudah berjalan hampir 4 bulan belakangan. Termasuk juga, gaji ABK kapal yang sebagian besar berstatus tenaga kontrak.

“Kalau operasi kapal menggunakan sisa BBM tahun kemarin, tentu ini juga makan biaya yang besar. Apalagi, juga kita sempat mendengar ada ABK yang mogok berlayar, karena gaji mereka belum dibayar. Ini akan kita pertanyakan, pada saat rapat,” pungkasnya. (rif)

 

 

Previous articlePLN Hadirkan Paket Ramadhan Peduli dan Ramadhan Berkah
Next articlePanitia-Pengawas Seleksi Bintara-Tamtama Polri Diminta Profesional