SDN 01 Sioban Direlokasi Tahun Ini!! Lahan Pemindahan Sudah Tersedia

11
Ilustrasi.(NET)

SDN 01 Sioban, Kecamatan Sipora Selatan yang saat ini berada di zona merah atau berhadapan langsung dengan pantai timur Pulau Sipora di Dusun Paddarai, tahun ini bakal direlokasi.

Lokasi relokasi sudah tersedia melalui hibah masyarakat yang berada tidak jauh dari Puskesmas Sioban yang sudah direlokasi lebih dulu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Mentawai, Oreste Sakeru, Senin (13/6) siang mengatakan, program Dinas Pendidikan di Kepulauan Mentawai tahun ini masih fokus pada pembangunan dan peningkatan sarana prasarana sekolah.

“Tahun ini, salah satunya yakni, merelokasi dan membangun gedung baru SDN 01 Sioban. Sebab, SDN 01 Sioban ini tidak lagi bisa direnovasi karena berada dizona merah yang rawan terdampak bencana karena letaknya yang hanya berjarak lebih kurang 20 meter dari bibir pantai,” ungkapnya.

Rencana relokasi SDN 09 tersebut, kata dia, sudah diusulkan semenjak tahun 2019. Namun, tahun 2020 yang bersamaan dengan masuk pandemi, dan juga terkendala sulitnya mendapat lahan atau tanah hibah.

“Kita maunya, bisa dibangun sekaligus. Namun, karena keterbatasan anggaran kita akan lakukan secara bertahap. Minimal, tahun ini bisa dibangun satu atau dua rombel dulu. Selanjutnya, baru ditambah pada tahun anggaran berikutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Sioban, Artius mengatakan, belum terwujudnya relokasi SDN 01 Sioban tersebut, disebabkan belum terjalinnya kesepakatan antara calon penghibah dengan pemerintah. Ada sejumlah syarat yang diusulkan oleh penghibah tanah kepada pemerintah daerah.

“Dulu memang ada yang mau menghibahkan lahan untuk sekolah dengan beberapa syarat tertentu. Nah, persyaratan tersebut, yang belum dipenuhi oleh pemerintah, sehingga, belum ada kesepakatan antara calon penghibah tanah dengan pemerintah,” ujarnya.(rif)