Jelang Normal Baru, Masyarakat Mentawai Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

45
Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok. (Foto: Arif Rahmat Daud/ Padang Ekspres)

Selama transisi menuju normal baru atau new normal pada 21 Juni nanti, warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai diharapkan disiplin menaati protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok, Senin (15/6/2020).

Dia mengatakan, memasuki masa normal baru, bukan berarti virus Covid-19 sudah hilang. Namun, kata dia, di masa itu masyarakat dituntut semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“New normal bukan situasi sudah kembali normal. Namun, bagaimana, kita bisa menjalankan kehidupan normal, namun, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ini yang mesti dipahami masyarakat,” ungkap legislator asal, Siberut Selatan ini.

Menurutnya, semua pihak bertanggung dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Sikerei. Jangan nantinya, kata dia, rendahnya kesadaran dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan itu, menjadikan penyebaran Covid-19 di Mentawai malah semakin tinggi.

Dia berharap masyarakat tidak memandang remeh aturan protokol kesehatan Covid-19 dalam masa normal baru ini. Menurut dia, lebih baik melakukan pencegahan dengan mengikuti instruksi pemerintah, agar penyebaran virus Covid-19 tidak meluas di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dia juga menekankan, agar pemerintah sebagai eksekutif untuk tidak bosan-bosan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum memasuki normal baru. Terutama, terhadap daerah padat penduduk atau tempat publik, seperti pusat ibukota kecamatan dan pelabuhan.

“Ini sangat penting. Terutama di pusat-pusat keramaian. Kemudian juga di resort-resort yang akan menjadi tempat menginap bagi wisatawan. Mari kita sama-sama disiplin dan tetap jaga jarak. Tetap ikuti anjuran dari pemerintah,” pungkasnya. (rif)