Tinjau TMMD di Mentawai, Tim Wasev Apresiasi Dukungan Pemda dan Warga

19

Selain membantu percepatan pembangunan di daerah, tujuan dari kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) juga mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-rakyat.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, tidak terlepas dari peran serta unsur-unsur yang terkait, baik dari pemerintah desa hingga kabupaten dan kota.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabesad TMMD ke-110 Kolonel Inf. Yudi Ruskandar saat berkunjung ke Tuapejat, Rabu siang (17/03/2021).

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat atas kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan ini. Semoga pengerjaannya bisa selesai tepat waktu dan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat,” ungkapnya di aula Makodim 0319 Kepulauan Mentawai.

Rombongan yang datang menggunakan kapal cepat Mentawai Fast dalam rangka mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD yang dimulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran tersebut, kata dia, mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD.

Baca Juga:  Desa Betumonga Segera Dialiri Listrik, Akses Darat Penyebab Lamban

Yakni, melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral.

“Sasaran-sasaran yang telah dipilih baik kegiatan fisik maupun non fisik berdasarkan skala prioritas yang diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah. Artinya, kita betul-betul memperhatikan skala prioritas atau berdampak ekonomis kepada masyarakat,” katanya.

“Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tetap perhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tanpa mengurangi makna dan semangat gotong-royong itu sendiri,” pesannya.

Dandim 0319 Mentawai, Letkol.Czi. Bagus Mardyanto mengatakan, bobot pelaksanaan kegiatan TMMD yang sedang berlangsung saat ini sudah mencapai antara 70-90 persen. (rif)