Terhalang Pohon Tumbang, Akses Jalan Nasional Terhambat

24
Tim gabungan tengah membersihkan bagian pohon yang tumbang di kawasan jalan nasional, di Desa Goisoinan, Sipora Utara, kemarin (17/5). (IST)

Hujan deras yang mengguyur wilayah Pulau Sipora dan sekitarnya sejak Senin (17/5) dini hari mengakibatkan satu batang pohon tumbang di kawasan jalan nasional, di Desa Goisoinan, Sipora Utara. Meski tetap bisa dilalui kendaraan, namun tumbangnya pohon tersebut, sempat mengganggu aktivitas pengendara, sebelum batang pohon dibersihkan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Jalan Nasional Kepulauan Mentawai, Yames kepada wartawan, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, derasnya hujan menyebabkan tanah di sekitar akar pohon di kawasan Desa Goisoinan tersebut menjadi terkikis.

”Hujan lebat semalam menyebabkan tanah yang menimbun akar pohon menjadi terkikis. Sebelum, proses evakuasi batang pohon, tetap bisa dilalui kendaraan, baik itu kendaraan roda dua, maupun roda empat, karena masih ada bahu jalan. Tapi, kami tidak menyarankan,” ungkapnya.

Di samping itu, posisi batang pohon juga berada pada tanah ketinggian yang labil dan rawan longsor. Barulah, sekitar pukul 11.00, kata dia, tim balai bekerjasama dengan BPBD Kepulauan Mentawai, berhasil mengevakuasi batang pohon tersebut dari badan jalan.

Baca Juga:  Lima Dari 12 Embung Ditender, Pembangunan Dimulai Tahun Ini

”Saat ini, kondisi jalan sudah kembali normal. Evakuasi pohon yang menghalangi badan jalan bersama BPBD sudah selesai sekitarpukul 11.00. Aktivitas kendaraan sudah kembali sediakala,” katanya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kepulauan Mentawai, Novriadi juga membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, evakuasi pohon kayu yang tumbang ke jalan dilakukan bersama tim balan jalan nasional. ”Sekarang sudah selesai dievakuasi,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, tidak ada dampak yang diakibatkan oleh tumbangnya pohon tersebut. Dia menyebutkan, hujan lebat yang mengguyur wilayah Sipora dan sekitarnya berlangsung dari pukul 00.00 hingga pukul 02.00 dini hari. Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, untuk di sebagian wilayah Mentawai, seperti Sikakap, tidak ada diguyur hujan, namun, hanya kondisi angin kencang. (rif)