Pimpin Upacara Kemerdekaan, Bupati Mentawai Jatuh di Podium

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 75 di halaman kantor Bupati Kepulauan Mentawai, Jalan Tuapejat Kilometer 4, Senin (17/08/2020) diwarnai insiden. Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet yang menjadi inspektur upacara mengalami pusing dan terjatuh dari podium.

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut, berlangsung saat pembacaan doa menjelang selesainya kegiatan upacara. Usai mendapat penanganan dari tim medis RSUD Tuapejat, Yudas Sabaggaler terpaksa dirujuk ke Padang menggunakan kapal cepat Mentawai Fast.

Wakil Bupati Kepulaua  Mentawai, Kortanius Sabeleake, usai memimpin upacara penurunan bendera mengatakan, tidak ada riwayat penyakit berat yang dialami orang nomor satu di Bumi Sikerei itu. Dia mengatakan, sehari sebelum insiden, Bupati dalam keadaan sehat.

“Hari Minggu kita masih melakukan kegiatan bersama-sama. Baik itukegiatan sepeda santai, maupun menghadiri acara di homestay Mapaddegat. Kondisi beliau baik- baik saja,” ungkapnya.

Hanya saja kata Kortanius, sesaat sebelum upacara dimulai, bupati sempat mengeluhkan kondisi kurang sehat pada bagian lambung. Hal itu dikarenakan salah makan. “Selain salah makan, bupati kabarnya juga banyak makan cabai yang mungkin memicu lambungnya menjadi perih. Barangkali, beliau juga mengalami penyakit maag. Ketika memimpin upacara, barangkali beliau sudah tidak kuat menahan perih sakit lambungnya, makanya beliau sempat terjatuh, tapi masih tetap dalam kondisi sadar,” katanya.

Baca Juga:  Positif Covid-19 dari Klaster Damiu Tuapejat Tambah 4 Orang Lagi

Begitu juga, saat dibawa ke pondopo atau rumah dinas Bupati di Jalan Raya Tuapejat Kilometer 9, kata Kartonius, Yudas masih dalam kondisi sadar. Bahkan, dia juga mengatakan untuk tetap dirawat di Tuapejat saja. Namun, karena berbagai pertimbangan, dan juga masukan dari tenaga medis, beliau tidak lagi bisa menolak.

Rencananya, kata Kartonius, Yudas kan dirujuk ke Rumah Sakit Yos Sudarso. Menurut Kortanius, pada saat di Pondopo, Yudas masih menyampaikan mengenai rapat APBD Perubahan bersama DPRD yang belum tuntas. Begitu juga, tentang rencana membahas perubahan Perda RTRW. Bahkan, kata dia, Yudas meminta dirinya untuk dapat meneruskan rapat tersebut.

Pantauan Padang Ekspres di Dermaga Tuapejat, Yudas datang menggunakan ambulans RSUD Tuapejat sekitar pukul 14.50 WIB. Terlihat hadir sejumlah anggota DPRD dan kepala OPD di lingkungan Kepulauan Mentawai yang ikut menandu Bupati masuk ke dalam kapal. Tidak berselang, kapal cepat Mentawai Fast langsung bertolak menuju Padang. (rif)