Nol Kasus Positif Covid-19, Mentawai Siap Masuki Era Normal Baru

51
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar. (Foto: Arif Rahmat Daud-Padang Ekspres)

Kabar menggembirakan datang dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pasien Covid-19 terakhir asal Dusun Kairiggi, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, yang menjalani isolasi mandiri dinyatakan sembuh. Dengan demikian, Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah dinyatakan zero atau nol kasus Covid-19 dari total 7 pasien positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Kamis (18/6/2020.

Dia mengatakan, tujuh orang warga Mentawai yang sempat dinyatakan positif Covid-19, kini sudah sembuh.

“Alhamdulillah, semua pasien Covid-19 telah sembuh. Pasien terakhir kode 807.I dinyatakan sembuh pada tanggal 17 Juni 2020 dan telah dipulangkan ke rumahnya,” jelas Lahmuddin.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut, saat ini, Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak lagi memiliki kasus positif Covid-19. Meski begitu, kata dia, masyarakat diharapkan, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apalagi, kata dia, tidak lama lagi Mentawai akan memasuki era normal baru.

Dia mengatakan, semua masyarakaf harus bersatu guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meski nantinya, sudah memasuki masa normal baru, diharapkan, tetap pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Saat ini, kata dia, total PPT, 2.372 orang, PPT kurang 14 hari, 876 orang. Rinciannya, ASN, 324 orang dan masyarakat, 552 orang. Sementara, PPT lebih dari 14 hari sebanyak 1.496 orang. Total ODP, 29 orang.

Sementara, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, mengaku bersyukur, seluruh pasien positif Covid-19 bisa sembuh. Ditambah lagi, tidak ada satupun yang meninggal dunia akibat Covid-19.

“Puji Tuhan. Ini tidak terlepas dari perjuangan tenaga medis dan seluruh pihak yang telah ikut serta mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak,” ungkapnya.

Menurut Yudas, dengan tidak ada lagi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, diharapkan, Mentawai siap untuk memasuki masa normal baru. Karena seluruh wilayah di Kabapaten Kepulauan Mentawai kini suda berada pada zona hijau. (rif)