Ketua DPRD Mentawai: Masyarakat Harus Terapkan Protokol Kesehatan dengan Disiplin

Puskesmas Siberut, Mentawai. (Foto: Arif Rahmat Daud)

Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di Pulau Siberut dan Pulau Pagai Utara-Selatan, Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai dinilai masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil sosialisasi yang dilakukan tim gugus tugas Kabupaten Kepulauan Mentawai, beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kebijakan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli Bawanewi, Minggu (21/6/2020).

Dia menyebutkan, salah satu indikator bukti rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, di dua pulau tersebut, yakni dapat dilihat dari penggunaan masker saat ke luar rumah.

“Ada anggapan di tengah masyarakat, bahwa tidak perlu memakai masker, karena belum ada warga yang terjangkit virus Covid-19 di tempat mereka. Nah, sekarang, sudah ada satu temuan pasien Covid-19 di Pulau Siberut. Kita berharap, di Pagai Utara-Selatan dan Sikakap, tetap bisa disiplin, meski belum ada temuan Covid-19,” ungkap pria yang akrab disapa BW tersebut.

Sementara, kata dia, untuk di Pulau Sipora masyarakat cenderung lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini, kata dia, juga didasari atas temuan tujuh kasus Covid-19 di Pulau Sipora beberapa waktu lalu. Dia mengharapkan, agar masyarakat tetap dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, meski tidak ada atau pun belum ada temuan Covid-19.

Menurut dia, pemerintah akan melakukan evaluasi dua minggu ke depan dalam mendisiplinkan warga yang belum mengindahkan protokol kesehatan tersebut. Dia juga mengatakan, akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menertibkan masyarakat yang masih membandel tidak mau melaksanakan protokol kesehatan.

Menyikapi adanya temuan satu orang warga yang positif di Pulau Siberut, Minggu (21/6/2020), dia menyebutkan, bahwa, pemerintah akan mengintensifkan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan rumah ibadah. Termasuk juga di area pelabuhan guna menghindari virus Covid-19 yang tertinggal dan menetap di benda mati.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok mengimbau masyarakat Mentawai agar disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

“Covid-19 sudah semakin meluas dan mengancam kehidupan masyarakat. Kami menghimbau, mari kita sama-sama mengikuti arahan dari pemerintah demi memutus mata rantai penyebarannya di Kepulauan Mentawai,” tegasnya.

Dia menegaskan, memutus rantai penyebaran Covid-19 sangat ditentukan oleh kesadaran masyarakat dalam melaksanakan instruksi pemerintah yang sudah ada. Tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga kesehatan, rajin mencuci tangan, olahraga teratur, makan-makanan bergizi. Serta berjemur di bawah terik matahari pada jam 10 pagi minimal 15 menit. (rif)