Pemkab Mentawai Sediakan Lima Lokasi Pengambilan Sampel Swab Covid-19

27
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar. (Foto: Arif Rahmat Daud-Padang Ekspres)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menetapkan lima titik lokasi yang bisa melayani pengambilan sampel tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Minggu (21/6/2020), mengatakan, lima titik lokasi pengambilan sampel tes swab tersebut tersebar di empat puskesmas dan satu di RSUD Tuapejat. Keempat puskesmas tersebut yakni Puskesmas Mapaddegat, Puskesmas Muara Siberut, Puskesmas Sikabalauan, dan Puskesmas Sikakap.

“Sistem pemeriksaan kita berdasarkan situasional. Kalau sudah dilaksanakan di puskesmas, maka tidak dilaksanakan di RSUD, begitu juga sebaliknya. Tergantung situasi dan kondisinya juga,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menurutnya, sifat dari virus Covid-19, yakni memiliki sifat eksponensial. Sewaktu-waktu, kata dia, bisa saja terjadi lonjakan pasien Covid-19. Nah, jika itu terjadi, pemeriksaan melalui tes swab akan semakin masif dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Setelah pengambilan sampel, katanya, sampel kemudian dibawa ke Padang untuk pemeriksaan di labor Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand. Dia mengatakan, ada dua alat transportasi yang digunakan dalam pengiriman sampel tersebut.

“Hasil tes pertama, kita bawa menggunakan kapal umum di Mentawai. Sedangkan, hasil tes swab kita menggunakan transpotasi long boat. Sekarang, hasil proses pemeriksaan bisa lebih cepat dan dalam jumlah yang banyak mencapai 2 ribu orang per hari. Nah, di Padang sendiri, kita juga sudah ada tim yang standby,” paparnya.

Menurutnya, pemeriksaan dengan tes swab mesti dilakukan dua kali berturut-turut. Pihaknya mengaku, tidak ada unsur untuk mempositifkan seseorang Covid-19. Dia mengatakan, masyarakat mesti mendapat edukasi tentang pemeriksaan Covid-19 tersebut. Dia mengatakan, masyarakat tidak perlu takut dengan Covid-19, karena telah terbukti bisa disembuhkan. (rif)