Dewan Minta Pemkab Segera Salurkan Bansos Korona

Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Mentawai, Juni Arman meminta pemerintah daerah segera memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin dan kurang mampu.

Hal ini disampaikanya, terkait lambannya penyerahan bantuan dari pemkab kepada masyarakat miskin dan kurang mampu menghadapi kondisi pandemi Covid-19. Meski begitu, dia mengakui, saat ini, pemkab butuh waktu dalam pengumpulan data baru terkait ekonomi masyarakat terdampak virus korona (Covid-19).

“Kami meminta kepada pemerintah daerah segera menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat miskin dan kurang mampu. Begitu juga halnya dengan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), jelas tidak akan efektif bila bansos dan perlindungan ekonomi dari pemerintah belum cair,” ungkap wakil rakyat dari Partai Demokrat tersebut.

Selain itu, dia juga mengimbau, agar kepala desa dan Badan Permusyawatan Desa (BPDes) di Mentawai segera menggeser dan relokasi anggaran dari anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) untuk penanggulangan Covid 19 dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

“Tentunya, hal ini, tidak terlepas dari intruksi terkait penggunaan ADD terhadap penanggulangan Covid-19 dan perlindungan sosial untuk masyarakat oleh Bupati Kepulauan Mentawai agar menjadi pedoman bagi pemerintahan desa,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan bahwa, jumlah kepala keluarga (KK) kurang mampu di  Mentawai sebanyak 16 ribu KK akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan tersebut, akan diserahkan oleh pemerintah desa sebesar Rp 200 ribu per KK.

“Bantuan ini akan diberikan selama 3 bulan terhitung mulai April hingga Juni 2020. Selain masyarakat kurang mampu, pelaku usaha kecil juga akan mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp 750 ribu. Petani juga akan kita bantu kasih bibit, dan kepada para warga yang sudah berusia lanjut,” tutupnya. (arf)