Pemkab Mentawai Tetap Terapkan Kebijakan Tes Swab Pelaku Perjalanan

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tetap berkomitmen memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah tersebut, dengan kewajiban tes swab bagi pelaku perjalanan. Dengan begitu, orang yang datang ke Mentawai betul-bersih dari Covid-19.

“Kita tetap komitmen untuk melakukan tracking bagi pelaku perjalanan ke Mentawai dengan wajib memiliki surat keterangan negatif tes swab. Konsepnya, siapa saja yang ke Mentawai wajib swab,” ungkap Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, Jumat (22/01/2021).

Meski langkah tersebut sempat dinilai berlebihan oleh sebagian kalangan, kata bupati hal itu akhirnya memberikan dampak yang positif. Dimana, dari hasil tes swab yang dilaksanakan di kantor penghubung di Jalan Azizi Padang, banyak menjaring calon pelaku perjalanan sebelum ke Mentawai.

“Memang dulu banyak yang menilai langkah yang kita ambil terlalu berlebihan. Nah, akhirnya kini kita dapat merasakan dampak positifnya, karena kita bisa mendeteksi dulu orang sebelum berangkat,” katanya.

Dia mengatakan, akan tetap menerapkan kebijakan tes swab bagi calon pelaku perjalanan ke Mentawai. Dia juga berharap, pelaksanaan vaksin Covid-19 di Mentawai nantinya juga mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Mentawai.

Baca Juga:  Cuti Bersama 2021 hanya Dua Hari, Berikut Penjelasan Menko PMK...

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengatakan hasil pengambilan sampel tes swab sejak 1Januari-22 Januari 2021 di posko kantor penghubung Jalan Azizi Padang sebanyak 2.068 sampel. Jumlah hasil sampel yang sudah keluar sebanyak 1.973 sampel dengan jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 55 orang.

“Sebanyak 55 orang dinyatakan positif Covid-19. Sebagian ada yang karantina mandiri, ada juga isolasi di fasilitas yang disediakan pemerintah di Kota Padang. Sementara, sampel yg masih menunggu hasil sebanyak 68 sampel. Dan yang belum masuk labor sebanyak 27 sampel,” ungkapnya. (rif)