Mentawai Kembangkan Segmen Wisata Domestik

19
Rinaldi

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mewacanakan pengembangan destinasi pariwisata Mentawai segmen domestik atau wisatawan dalam negeri.

Wisata domestik dinilai memiliki potensi yang cukup menjanjikan apabila destinasi wisatanya bisa tertata dan terkelola lebih baik lagi.

“Selama ini, kita baru terfokus pada wisatawan mancanegara. Padahal, potensi wisata kita juga sudah dikenal di dalam negeri. Namun, belum mampu kita optimalkan. Ke depan, ini akan menjadi PR bagi pemerintah untuk menyiapkan segmen wisatawan domestik ke Mentawai,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kepulauan Mentawai, Rinaldi, kepada wartawan, Rabu (22/6) siang.

Rinaldi yang kini menjabat definitif sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kepulauan Mentawai tersebut mengatakan, selama ini sektor pariwisata Mentawai memang sudah dikenal dan mendunia. Namun baru mampu memberikan kesejahteraan untuk segelintir atau sekelompok pengusaha.

“Kita ingin sektor pariwisata ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Dimana, pelaku wisata itu adalah masyarakat sendiri. Orang dari Pekanbaru atau daerah lainnya bisa datang ke Mentawai dan menikmati pariwisata Mentawai yang tidak kalah indahnya dibandingkan daerah lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Trans Mentawai Diprediksi Rampung 2024! Anggaran Jalan Provinsi Minim

Apalagi, Mentawai tidak saja memiliki keindahan alamnya, namun juga memiliki keunikan budayanya. Selama ini, kata dia, orang di Indonesia sudah akrab mendengar nama Mentawai, namun belum datang ke Mentawai. Nah, pemkab akan menjadikan Mentawai bisa dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Ia mengatakan, sejatinya Mentawai tidak hanya sebatas wisatawan minat khusus, namun juga memiliki potensi perjalanan wisata keluarga. Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, selain perlunya edukasi terhadap masyarakat, juga dukungan terhadap pengembangan kawasan wisata itu sendiri.

“Wisatawan domestik pasti memperhitungkan efisiensi waktu selama perjalanan menuju Mentawai. Nah, ke depan, bagaimana kita mengupayakan, transpotasi ke Mentawai bisa tersedia setiap hari. Akses transportasi antar-pulau di Mentawai. Dengan begitu, dampak wisata Mentawai ini bisa dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.(rif)