Yang Mau Liburan ke Mentawai, Wajib Tes Swab

109

Pelaku perjalanan ke Mentawai selama masa liburan mulai tanggal 28 Oktober hingga 9 November 2020 akan diawasi secara ketat. Ini untuk mengantisipasi membeludaknya masyarakat yang datang ke Mentawai yang memungkinkan terjadinya penyebaran virus Covid-19 selama masa liburan.

Juru Bicara Kebijakan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli Bawamenewi mengatakan pengawasan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dampak terburuk dari cuti bersama yang bisa saja memunculkan klaster baru Covid-19 dari situasi liburan masyarakat tersebut.

Hal itu, kata dia, diatur melalui surat edaran Bupati Kepulauan Mentawai Nomor: 360/505/BUP-2020 tanggal 23 Oktober 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) bagi pelaku perjalanan ke Mentawai pada masa libur dan cuti bersama tahun 2020.

“Dalam SE ini, pelaku perjalanan yang masuk ke Mentawai wajib memiliki surat RT-PCR dengan hasil negatif. Pada saat berangkat ke Mentawai, pelaku perjalanan juga dapat menggunakan hasil rapid test negatif, namun, tetap melampirkan bukti keterangan sudah melakukan tes swab di Padang atau di kantor penghubung Mentawai Jalan Azizi Padang,” paparnya.

Baca Juga:  Sejak Selasa Jaringan Internet di Tuapejat Terganggu

Ia melanjutkan, sampai di Mentawai, pada hari ke empat, pelaku perjalanan juga diwajibkan kembali melakukan tes swab. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan penumpang tujuan Mentawai yang terpapar Covid-19 selama berlayar atau di atas kapal.
“Ketika pelaku perjalanan sampai di Mentawai mereka dapat melaksanakan tes swab di puskesmas atau posko-posko yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk pengambilan tes swab atau RT-PCR yang disiapkan oleh pemerintah di kantor penghubung, dibuka tanggal 26 Oktober pukul 09.00 sampai 12.00 WIB dan dilanjutkan pukul 13.30 sampai 15.00 WIB hingga tanggal 8 November,” tuturnya.

Selain tempat tersebut tes swab juga disediakan di Muara Padang, Bungus dan Teluk Bayur. Dimana, setiap jadwal kapal tersebut, tenaga kesehatan melakukan pengambilan sampel swab calon penumpang dua jam sebelum kapal diberangkatkan. (rif)