147 Personel Polres Tunggu Hasil Uji Swab

216

Sebanyak 147 personel Polres Kepulauan Mentawai dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 dan diambil swabnya pada 22 Mei lalu.

Hal tersebut dilakukan setelah adanya satu orang anggota Polres Mentawai berinisial F, 24, yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand Nomor 394/05/PDRPI-FK/2020 pada 20 Mei 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, 147 anggota polres tersebut, sudah dilakukan swab tes pada Jumat (22/5/2020) guna memastikan terinfeksi Covid-19 atau tidak. Saat ini menunggu hasil uji sampel swab tersebut.

“Swab tes dilakukan atas permintaan langsung dari Kapolres Kepulauan Mentawai. Sebab, anggota polres banyak kontak dengan orang-orang. Jadi, untuk hasilnya sendiri, sampai saat ini belum ke luar,” kata Lahmuddin yang juga Jubir Penanganan Covid-19 Mentawai itu.

Dia mengatakan, kondisi tersebut, juga menjadikan bertambahnya data status OTG di Mentawai yang semula berjumlah 313 orang menjadi 460 orang.

“Saat ini, satu orang personel polres yang telah dinyatakan positif Covid-19 tersebut sudah dikarantina di RSUD Tuapejat,” imbuhnya.

Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Dodi Prawira Negara kepada wartawan mengatakan, seluruh personel di Mapolres Mentawai sudah dilakukan swab. Kecuali personel di empat polsek yang ada di Mentawai. Namun, untuk hasil swab tes sendiri, kata dia, masih belum ke luar.

“Seluruh anggota Polres Mentawai kecuali di polsek-polsek sudah kita lakukan pemerisaan swab. Hanya saja hasilnya belum ke luar,” ungkap perwira lulusan Akpol kelahiran 1977 silam ini.

Terkait personelnya yang tengah menjalani perawatan di RSUD Tuapejat tersebut, dia mengatakan, saat ini berada dalam kondisi sehat dan mulai membaik. “Alhamdulillah, kondisinya saat sekarang sehat dan sudah mulai membaik,” ungkapnya.(rif)