Layani Rute Antar Pulau, Harga Tiket masih Dinilai Mahal

217

Kapal cepat Mentawai Fast milik PT. Mentawai Anugerah Sejahtera pada Senin, 28 Desember 2020, bakal melayani rute antar pulau di wilayah Kepulauan Mentawai. Hal ini bertujuan mendukung layanan transportasi laut masyarakat Mentawai selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Kapal Cepat Mentawai Fast PT. Mentawai Anugerah Sejahtera, Williem, Minggu, (27/12/2020) malam, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, selain mendukung kegiatan Nataru di Kepulauan Mentawai juga dalam rangka uji coba.

“Ini layanan dalam rangka mendukung kegiatan Nataru di Kepulauan Mentawai. Sekaligus, kita uji coba,” ungkapnya.

Menurut dia, masih banyak kajian yang perlu dilakukan dalam melayani transportasi laut antar pulau di Mentawai. Tidak hanya semata, untung rugi.

“Masih banyak yang perlu kita pertimbangkan. Tidak hanya sekadar untung rugi saja perusahaan, tapi juga yang lain. Informasi jalan (mengambil alih pengelolaan transportasi antar pulau, red) atau tidaknya, nanti kita infokan,” tuturnya.

Ia menyebut, untuk tarif atau harga tiket kapal selama Nataru, untuk rute Tuapejat-Siberut Rp 150 ribu, rute Siberut-Sikabaluan Rp 100 ribu.

Kemudian, rute Tuapejat-Sikabaluan Rp 250 ribu. Rute Tuapejat-Labuan Bajo Rp 300 ribu. Seterusnya, untuk rute Tuapejat-Sikakap Rp 250 ribu.

Rendi, 38, salah seorang warga Tuapejat mengapresiasi rencana beroperasinya layanan kapal cepat Mentawai Fast untuk antar pulau tersebut. Menurutnya akan dapat mengefektifkan waktu dari satu pulau menuju pulau lainnya.

Hanya saja, kata dia harga tiket yang ditawarkan masih relatif mahal dan belum mengakomodir masyarakat ekonomi ke bawah.

“Semestinya, ada perbedaan harga tiket untuk layanan masyarakat di Mentawai dengan Padang-Mentawai. Tidak bisa patokan harga tiket dikalkulasikan berdasarkan hitungan jarak tempuh saja. Apalagi, kalau operasionalnya kapal dibantu oleh Pemerintah daerah. Perlu dikaji ulang lagi,” harapnya. (rif)