Berdampak Ekonomi, Pembangunan Jalan di Mentawai Harus Terus Didorong

16

Penyebab kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, salah satunya, yakni faktor infrastruktur yang belum memadai. Untuk itu, pembangunan insfrastruktur, terutama jalan harus terus digenjot.

Demikian disampaikan Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Bruno Guimek Sagalak, Selasa (29/9/2020) siang.

Ia mengatakan, infrastruktur jalan merupakan urat nadi pembangunan.

“Pemerintah harus terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan. Tanpa sarana jalan, pembangunan ekonomi masyarakat sulit terwujud,” katanya.

Ia kemudian mencontohkan dampak ekonomi dari pembangunan sarana infrastruktur jalan. Apabila jalan sudah dibuka, dengan sendirinya, memunculkan inisiatif untuk membuka peluang usaha, misalnya dengan membuka bengkel.

Menurutnya sebelum Mentawai dimekarkan, pembangunan infrastruktur terutama jalan masih sangat minim. Kondisi ini, sangat berbeda dengan daerah daratan di Sumatera Barat.

“Makanya, anggaran pembangunan infrastruktur di Mentawai tidak bisa disamakan dengan daerah daratan. Apalagi, kalau membangun jalan hanya mengandalkan APBD Mentawai, jelas akan lambat terwujud,” pungkasnya.(rif)