Sosialisasi Perda AKB Mesti Sampai ke Pedalaman Mentawai

19
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Syafridin. (IST)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai diharapkan lebih masif lagi mensosialisasikan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada masyarakat. Masyarakat mesti mendapat edukasi terlebih dahulu, sebelum memberikan penindakan dan sanksi bagi pelanggar. Sosialisasinya harus menyasar masyarakat hingga ke daerah pedalaman.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Syafridin, Selasa (29/9/2020) siang di ruangan komisi III DPRD Jalan Raya Tuapejat kilometer 4.
Dia mengatakan, keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam mensosialisasikan Perda AKB tersebut, sangat menentukan.

“Peran serta masyarakat dari segala lini dalam mensosialisasikan Perda AKB ini sangat penting. Apalagi, kita juga akan mengikuti perhelatan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 mendatang. Tentunya, sosialisasi mesti terus dilakukan,” ungkap kader partai Nasdem tersebut.

Dia mengatakan, Perda AKB ini dimaksudkan agar agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Bukan dalam rangka memberikan penindakan atau sanksi, baik secara administrasi maupun sanksi denda.

“Jika semua pihak sudah melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, maka angka kasus positif bisa ditekan seminimal mungkin. Kondisi ini merupakan tantangan bersama di tengah wabah. Namun, agenda besar mesti tetap terselenggara,” pungkasnya. (rif)