Mentawai Terima 2.480 Dosis Vaksin, Vaksinasi Dimulai Awal Februari

Sebanyak 2.480 dosis vaksin Sinovac tiba di Tuapejat, Jumat (29/01/2021) menggunakan kapal cepat Mentawai Fast. Dimana, vaksin tahap pertama ini, selain diberikan kepada tenaga kesehatan, juga rencananya akan diberikan kepada 10 pejabat .

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake di kantor Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Jalan Raya Tuapejat Kilometer 5, mengatakan vaksin tersebut nantinya akan didistribusikan kepada 15 puskesmas dan RSUD Mentawai. Dia mengatakan, vaksin tersebut, akan difokuskan terlebih dahulu untuk tenaga kesehatan.

“Sebagai garda terdepan, vaksin ini kita utamakan dulu kepada petugas kesehatan. Kegiatan vaksin tahap pertama ini akan mulai kita lakukan pada awal Februari 2021 ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Lahmuddin Siregar mengatakan, sebelum dilakukan vaksinasi akan dilakukan skrining atau pengecekan kesehatan. Jika ditemukan memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, ginjal atau penyakit komorbid lainnya, akan ditunda terlebih dahulu.

“Barulah, setelah itu, kita lakukan vaksinasi kepada ASN, publik figur atau orang yang melayani masyarakat banyak. Setelah itu, baru dilanjutkan kepada masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Dengan Metodologi Mikroba, Produksi Padi di Tanah Gambut Meningkat

Dia mengatakan, setelah vaksinasi tahap pertama, dua minggu kemudian akan kembali dilakukan vaksinasi lanjutan. Saat ini, kata dia, pihaknya juga tengah menyiapkan sosilasi tentang vaksin kepada masyarakat.

“Kita menargetkan, 2021 vaksinisasi sudah selesai dilaksanakan kepada seluruh masyarakat Mentawai,” ujarnya. (rif)

Previous articleRevisi RUU Pemilu, Begini Tanggapan Sultan B Najamudin
Next articleAndre Rosiade: PLN Harus Percepat Digitalisasi