Pemko Padangpanjang Terima Dua Penghargaan dari Pemprov Sumbar

14

Dalam Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Kota Padangpanjang mendapatkan dua penghargaan.

Piagam penghargaan yang diserahkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah itu di antaranya Sangat Memuaskan atas Pencapaian Seluruh Pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Tahun 2020 dan kategori Kota Terbaik III Pembangunan Daerah. Piagam diterima Wakil Wali Kota, Asrul di Aula Grand Inna Muara, Kota Padang, Jumat (09/04/2021).

Asrul mengatakan, penghargaan yang diterima ini belum sepenuhnya maksimal. “Kami berharap perencanaan pembangunan ke depannya dapat lebih dimaksimalkan lagi,” kata Asrul didampingi Kepala Bappeda, Rusdianto.

Dalam musrenbang yang juga dihadiri Staf Ahli Bidang Pembangunan RI, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, bupati dan wali kota se-Sumbar, kepala OPD provinsi, kepala OPD se-Sumbar dan undangan lainnya itu, Gubernur mengatakan, pelaksanaan pembangunan itu yang harus diutamakan dahulu adalah perencanaan.

Disebutkannya, berdasarkan hasil evaluasi pencapaian pembangunan daerah di Sumbar, di antaranya pertumbuhan ekonomi di Sumbar dari tahun 2016 hingga 2019 cenderung menurun.

Baca Juga:  Mencegah Napi Kabur, Ini yang Dilakukan Kepala Rutan Padangpanjang

Hampir sama dengan capaian nasional. Capaian di tahun 2019 sebesar 5,05 persen. Akibat pandemi Covid-19 terkontraksi hingga -1,6 persen.

Lanjutnya, struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumbar menurut lapangan usaha tahun 2020, masih didominasi sektor pertanian sebesar 22,34 persen.

Namun kontribusi sektor pertanian dari laju pertumbuhan ekonomi Sumbar, relatif menurun dari tahun ke tahun dengan capaian 1,19 persen.

“Melihat hal itulah, tema yang diangkat dalam musrenbang kali ini adalah Pemulihan Ekonomi Melalui Sektor Strategis yakni sektor pertanian, perdagangan dan pariwisata,” jelas Mahyeldi. (rel)

Previous articleDapat Hadiah Mobil Undian Simpedes, Pensiunan Guru Mengira Hoax
Next articleTak Memakai Masker, 485 Pelanggar Perda AKB Diberi Sanksi