Jaga Ketahanan Pangan, Anggota Polres Padangpanjang Bertanam Bawang

Jajaran Polres Padangpanjang dipimpin Kapolres Padangpanjang AKBP Apri Wibowo, menanam bawang di lahan kosong untuk menjaga ketahanan pangan warga. (Foto: IST)

Guna membantu memenuhi kebutuhan pangan warga di tengah pandemi Covid-19, jajaran Polres Padangpanjang di Kecamatan Batipuh Selatan (Batsel), Kabupaten Tanahdatar manfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Anggota Polres Padangpanjang ini, memilih menanam bawang merah di atas lahan seluas 2.500 meter persegi tersebut.

Kapolsek Batsel, Iptu Jon Hendri, menjelaskan, pandemi Covid-19 selain membawa masalah bagi kesehatan masyarakat, juga menghambat kelancaran distribusi pangan.
Guna mengatasi hal itu, menurutnya, diperlukan aksi nyata mendukung ketahanan pangan.

“Dalam usaha ketahanan pangan ini tidak luput dari kerjasama dengan masyarakat serta wali jorong setempat, melalui komunikasi dan keakraban sehari hari dengan masyarakat Nagari Tambangan,” ungkap Iptu Jon Hendri melalui sambungan telepon, Selasa (9/6/2020).

Menyikapi upaya ketahanan pangan yang dilakukan personelnya, Kapolres Padangpanjang AKBP Apri Wibowo memberikan apresiasi atas keuletan dan kegigihan dalam memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam.

Dikatakan AKBP Apri Wibowo, dengan kepedulian Polri menjaga ketahanan pangan di lingkungannya masing-masing tidak hanya memberikan manfaat untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk warga di sekitarnya.

Ia berharap, seluruh personel juga dapat memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk dikelola menjadi lahan produktif.
Ketahanan pangan bertujuan untuk menjamin ketersediaan pangan dan mengatasi keterbatasan kemampuan masyarakat untuk mengakses ketersediaan pangan. Menjaga ketahanan pangan menjadi berarti untuk membantu warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19.

“Kami juga berharap dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan bertanam di lahan sendiri,” pungkas AKBP Apri Wibowo didampingi Kasubag Humas AKP Wirtrizawati di Mapolres Padangpanjang. (rel)