Luar Biasa, Dua Narapidana Diwisuda Hafiz 30 Juz

537

Layaknya prestasi instansi pendidikan formal berbasis Islam lainnya, Rutan Kelas II B Padangpanjang juga berhasil mencetak dua hafiz untuk mengikuti wisuda Tahfiz Al-Quran di Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Muhammadiyah kota setempat, Sabtu (10/4/2021).

Dua narapidana dalam agenda wisuda bersama santri Ponpes Kauman yang dibuka langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah tersebut, yakni Budiman Muhammad Nur berstatus sebagai narapidana Perlindungan Anak. Masa hukuman 10 tahun yang harus dijalani, dimaknai Budiman dengan menuntaskan hafalannya hingga 30 Juz.

Kemudian, Fauzi Rahman yang merupakan narapidana kasus narkoba, juga berhasil menjalani masa hukuman 5 tahun dengan hafalan Al-Quran hingga 4 Juz.

Kepala Rutan Kelas II B Padangpanjang, Rudi Kristiawan menyebut dua santri ponpes cabang Kauman di Rutan dapat merepresentasikan perwakilan warga binaan pemasyarakatan (WBP) se-Sumbar.

“Rutan Padangpanjang sebagai cabang Ponpes Muhammadiyah Kauman yang telah disah kan sejak 25 Februari 2021 lalu. Hari ini kita mengirim dan mendampingi 2 Santri narapidana tersebut mengikuti wisuda untuk hafalan masing-masing 30 dan 4 Juz,” ungkap Rudi berbangga.

Rudi mengaku dua hafiz narapidana tersebut menjadi salah satu indikator nyata keberhasilan pembinaan di Rutan Padangpanjang. “Selain aspek keagamaan, pembinaan yang diberikan terhadap narapidana juga meliputi keterampilan dan kesenian,” pungkas Rudi.

Baca Juga:  Tewas Kecelakaan, Anggota DPRD Padangpanjang Dilepas di Gedung Dewan

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan apresiasi khusus terhadap Karutan Padangpanjang yang telah berhasil mengantarkan warga binaan untuk bisa ikut wisuda dengan hafalan hingga 30 Juz .

“Ini sangat luar biasa. Sebuah prestasi hari ini untuk Sumbar. Untuk itu sebagai Reward dari saya, akan memberikan hadiah uang tunai sebesar masing-masing 1,5 juta Rupiah untuk Wisuda anak 30 jus termasuk santriwan dari narapidana Rutan Padangpanjang,” ucap Mahyeldi.

Hal yang sama, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar Sol Sofat juga memberikan apresiasi dan hadiah uang tunai sebesar Rp1 juta kepada Santriwan yang diwisuda 30 jus hari ini. Bahkan Sol Sofat meminta untuk cium tangan wisudawan 30 Juz narapidana perwakilan Rutan Padangpanjang.

“Budiman yang sudah khatam Tahfiz 30 Juz, saya merasa ilmunya dalam hafalan Al-Quran lebih tinggi daripada saya. Maka dari itu saya harus hormat,” sebut Sol Sofat. (wrd)

Previous articleTernyata Ada di Kota Padang, Peternak Ayam Hias Jenis American Silkie
Next articleSatu-satunya di Padang, SPH Sediakan Alat Uroflowmetri