Thawalib Padangpanjang Terima Bantuan Gedung BLK Dari Kemnaker

124
BANTUAN: Acara penandatangan bantuan gedung BLK Komunitas Jumat (12/8) di Jakarta. Salah satu yang mendapat bantuan adalah Perguruan Thawalib Padangpanjang.(IST)

Perguruan Thawalib Padangpanjang salah satu pondok pesantren yang mendapatkan bantuan pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun anggaran 2022.

Penandatanganan bantuan pembangunan gedung BLK komunitas beserta bantuan sarana dilaksanakan pada Jumat (12/8) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Padang Panjang Irwan Natsir, Jumat (12/8) menjelaskan bantuan pembangunan gedung BLK diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk peningkatan kemampuan para santri Thawalib dalam keterampilan.

“Alhamdulillah Jumat ini dilaksanakan acara penandatanganan bantuan pembangunan gedung BLK oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI di Jakarta,” ujarnya.

Bantuan gedung BLK tersebut, kata Irwan Natsir nantinya diperuntukan bagi peningkatan pelatihan keterampilan bagi santri Perguruan Thawalib, baik santri putra maupun santri perempuan.

“Adanya bantuan pembangunan gedung BLK beserta sarananya akan menambah nilai tambah bagi santri Thawalib. Karena para santri nantinya akan diberikan pelatihan keterampilan yang sangat bermanfaat bagi santri Thawalib nantinya,” kata Irwan Natsir.

Dukungan Dari Suir Syam

Adanya bantuan pembangunan gedung BLK untuk Pesantren Thawalib Padangpanjang mendapat dukungan dari anggota DPR RI komisi IX, H. Suir Syam M. Kes, MMR. “Gedung BLK tersebut bermanfaat bagi santri Thawalib nantinya karena bisa dipergunakan sebagai sarana pelatihan keterampilan, ” ujarnya.

Baca Juga:  Maksimalkan Layanan Administrasi, PDAM Padangpanjang Mutasi Pegawai

Suir Syam pernah menjadi Wali Kota Padangpanjang selama dua periode ini mengatakan, santri harus diberikan keterampilan disamping mereka menuntut ilmu agama di Thawalib. Sehingga dengan adanya pelatihan keterampilan tersebut akan berguna bagi santri setelah tamat pesantren.

“Adanya gedung BLK bernilai positif bagi pendidikan santri Thawalib. Karena selain menimba ilmu di Thawalib maka santri juga diberikan pelatihan keterampilan. Jelas ini sangat positif bagi santri Thawalib, ” kata Suir Syam.

Dalam rencana pembangunan gedung BLK yang telah disetujui Kementerian Ketenagakerjaan RI yakni lokasi di belakang Masjid Maimunah Ali atau disamping gedung sekolah Thawalib Putra di Jalan Abd Hamid Hakim, Kelurahan Pasar Usang, Padangpanjang.

Dalam pelaksanaan pembangunan gedung BLK tersebut sudah dibentuk Unit pengelola dan Unit Keuangan gedung BLK Thawalib termasuk juga sudah dipersiapkan calon instruktur dan calon pelatih untuk keterampilan yang akan diberikan kepada santri Thawalib. (rel)