Warga Busur Padangpanjang Barat Dilatih Pembuatan Souvenir

10

Peningkatan kapasitas dan sumberdaya masyarakat, Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padangpanjang Barat gelar pelatihan pembuatan souvenir bagi warganya, Rabu (13/7). Kegiatan yang berlangsung 13-14 Juli di Aula Kelurahan ini, diikuti 15 peserta.

“Mereka terdiri dari perwakilan masing-masing RT. Serta bagi mereka yang punya kemauan dan pernah juga berkecimpung di usaha kulit. Jadi kita saat ini dalam perkembangan secara teknis mendalam,” kata Lurah Busur, Ryan Afrinaldi, A.Md.

Pelatihan ini diharapkan dapat memunculkan ikon produk souvenir dari Busur. Sehingga dikenal lebih luas lagi, sebagai wujud pengembangan ekonomi kreatif. “Insyaa Allah selepas ini nanti kita akan bentuk kelompok-kelompok tersendiri. Semacam kelompok kulit yang ke depannya nanti akan meningkatkan perekonomian warga,” ucapnya.

Sementara itu, Camat PPB, Fiori Agustian, SIP mengungkapkan kegiatan ini merupakan hasil dari usulan musrenbang 2021. “Saat itu LPM Busur mengusulkan kegiatan pelatihan ini yang ditujukan untuk kelompok usaha kerajinan kulit yang ada di daerah ini,” ungkapnya.

Fiori berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberdayakan warga sesuai dengan visi dan misi Kota Padangpanjang, salah satunya pemberdayaan masyarakat dan UMKM.
Ia juga berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan keterampilan yang bermanfaat bagi warga warga. Masyarakat bisa lebih berkreasi dan meningkatkan taraf perekonomiannya. “Pelatihan ini bisa menjadi pemicu pemberdayaan masyarakat, sehingga bisa memiliki mata pencarian baru dalam pembuatan souvenir,” harapnya. (*)