MTsN Padangpanjang Adakan Tes Minat dan Bakat Pelajar Kelas 8

22

Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kementrian Agama Sumatera Barat, H. Hendri Panidia, membuka kegiatan Tes Minat dan Bakat bagi Pelajar Kelas 7. Pembukaan Tes Bakat dan Minat itu dilakukan di halaman MTsN Padangpanjang, Sabtu (14/5).

Hendri Panidia mengatakan bahwa Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat menyambut baik kegiatan Tes Minat dan bakat yang digagas oleh Kepala Sekolah MTsN Padang Panjang. Ia bahkan memberikan apresiasi kegiatan yang pertama kali diadakan sekolah MTsN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumatera Barat.

“Kami menyambut baik kegiatan Tes Minat dan Bakat ini. Ini kegiatan yang luar biasa dan semoga menjadi contoh bagi madrasahyang lain dilingkungan Kanwil Kemenag Sumatera Barat. Karena itu kami sengaja datang kemari sebagai bentuk apresiasi dan dukungan,” ungkap Hendri Panidia.

Hadir Kakanmenag Padangpanjang H. Alizar Chan, Kasi Guru Kanwil Sumbar Amrizal, Tim Humas Kanwil Kemenag Sumbar dan Ketua Komite Sekolah M. Nur Idris. Lalu hadir sebagai tuan rumah Kepala Selolah MTsN Padangpanjang, Firmawati Anwar bersama Wakil dan Guru serta karyawan dan semua pelajar Kelas 8 MTsN Padangpanjang.

Sebelumnya Kepala MTsN Padangpanjang Firmawati Anwar dalam awal pembukaan Tes Minat dan Bakat menyampaikan bahwa tes bakat dan minat ini adalah program dari madrasah untuk mengetahui bakat dan minat siswa terutama terkait dengan studi lanjut sejak awal. Dalam menyelenggarakan tes minat dan bakat bekerja sama dengan lembaga psikologi Fitri Effendi dari Bukittinggi.

“Tes bakat minat ini meliputi tes IQ, EQ, SQ, bakat dan minat siswa terhadap pelajaran, serta kepribadian. Tes ini bertujuan mengarahkan anak-anak ketika akan memilih jurusan di sekolah lanjutan. Apakah itu jurusan IPA, IPS, bahasa, maupun keagamaan,” jelas Firmawati Anwar sembari menjelaskan bahwa kegiatan yang sama sudah dilakukan kepada siswa baru di bulan Ramadan lalu.

Baca Juga:  Kasus Penyakit Mulut dan Kuku Belum Ditemukan di Padangpanjang

Lebih lanjut Firmawati juga menjelaskan, bahwa hasil dari tes bakat minat ini akan digunakan juga sebagai salah satu kelengkapan administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Sehingga ketika mereka belajar sekarang dan sekolah lanjutan, sudah mengetahui dari awal kemana minat anak didik minat dan bajatnya.

Kakanmenag Padangpanjang H. Alizar Chan mengatakan kegiatan Tes Minat dan Bakat yang diadakan MTsN Padangpanjang semoga bisa menjadi acuan bagi selolah lain. Semoga ini bisa dilakukan dengan baik dan menjadi contoh bagi madrasah lain.

Ketua Komite Sekolah, M. Nur Idris yang hadir dalam kegiatan itu menyambut baik kegiatan Tes Minat dan Bakat ini. Ia memastikan bahwa komite akan mendukung penuh kegiatan ini karena banyak manfaatnya. Ia juga berharap kegiatan Tes Minat dan Bakat ini bisa berhasil dan nanti menjadi percontohan bagi sekolah lain.

Usai pembukaan, M. Nur Idris atas nama komite menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kabid Penmad beserta Tim Kanwil Kemenag. Semoga kedatangan ini menjadi penyemangat bagi Kepala Sekolah dan guru untuk melaksanakan kegiatan Tes Minat dan Bakat menjadi baik.(ryp)