Kurang 24 Jam, 3 Pencuri Diringkus

12
DIRINGKUS: Dua tersangka IS dan FW saat diringkus Tim Panda Polres Padangpanjang di salah satu warung makan.(IST)

Minindaklanjuti Laporan polisi Nomor Lp/B/146/VII/2021/SPKT/Polres Padangpanjang/Polda Sumbar, Satreskrim Polres Padangpanjang berhasil membekuk tersangka pencurian dengan pemberatan (curat) berinisial IW, 23 serta dua tersangka percobaan pencurian berinisial IS, 24 dan FW, 16 di waktu dan lokasi berbeda.

Kasat Reskrim Polres Padangpanjang, Iptu Ferlyanto menyebut, tersangka IW yang merupakan warga Rusunawa Tanahhitam kelahiran Pacitan itu diringkus setelah diamankan sejumlah warga sekira pukul 11.00, Senin (19/7) di kawasan terminal mikrolet kota setempat.

”Tersangka IW ini merupakan residivis yang baru saja bebas Juni kemarin. Kembali IW diringkus, setelah adanya laporan dari warga Kelurahan Bukitsurungan juga atas kasus pencurian yang terungkap dari keterangan saksi dan penyidikan,” beber Ferly.

Dalam aksinya di Tempat Kejadian Perkaraka (TKP) tersebut, tersangka IW berhasil mengambil tiga cincin emas dengan berat lebih kurang 2,5 gram dan satu unit handphone. Terhadap penyidik, tersangka juga melakukan pencurian di dua tempat berbeda. Masing-masing di kawasan perumahan Kecamatan Balai-balai.


”Di dua tempat berbeda ini, tersangka berhasil menggondol 1 unit handphone Iphone 7, 1 handphone Vivo, uang tunai Rp2 juta, 1 unit dompet, dan 1 handphone nokia. Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP ayat 2 butir ke 3 dan ke 5 diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun,” ujar Ferly.

Sedangkan IS dan FW, tertangkap opsnal tengah melakukan pengembangan kasus IW sekira pukul 03.30 WIB, Selasa (20/7) dini hari. Dua tersangka ini diringkus opsnal Tim Panda Polres Padangpanjang, karena dicurigai melakukan tindak kejahatan di salah satu warung pecel lele di kawasan Kelurahan Guguk Malintang.

Penangkapan kedua pelaku yang merupakan warga Solok, sempat terjadi aksi kejar – kejaran dengan tim opsnal Polres Padangpanjang, namun keduanya berhasil diamankan dan mengamankan barang bukti berupa satu pisau, kunci T, 1 unit Hp dan uang tunai sebesar Rp150 ribu.

Diterangkan Ferly, saat itu anggota opsnal tengah patroli melintasi TKP dan mendapati seorang laki-laki sedang duduk di atas kendaraan bermotor (ranmor) jenis Vario warna merah tanpa plat nomor. Sementara satu orang lainnya berjalan keluar dari arah warung pecel lele.

Curiga melihat gelagat dua remaja tersebut, anggota opsnal Tim Panda yang mencorba mendekati kedua tersangka. Namun di saat bersamaan, IS dan IW langsung kabur mengunakan ranmor ke arah batas kota (Tanahdatar) dan dilakukan pengejaran hingga dapat diberhentikan di depan Puskesmas Gunung.

“Setelah tim opsnal melakukan introgasi, keduanya mengaku usai melakukan aksi pencurian dengan membongkar sebuah toko di Kotobaru dan warung pecel lele di Kelurahan Gugukmalintang itu. Saat ini tim sedang melakukan penyelidikan terhadap keduanya, guna mendalami kemungkinan tindak kejahatan lainnya karena temuan kunci T pada tersangka,” pungkas Ferly. (wrd)