Peduli Ketapang, Polres Turun Bertanam Padi Bersama Petani

Berperan tidak hanya membantu pengamanan dan mengawasi kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19, Polres Padangpanjang juga peduli terhadap ketahanan pangan (ketapang) dengan turun bertanam padi bersama petani di Kelurahan Ekorlubuk Padangpanjang Timur, Sabtu (23/1/2021).

Kabag Ops Polres Padangpanjang, Kompol P Simamora menyebut kegiatan itu merupakan aksi sosial yang digelar jajaran Polri untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Selain mendorong kualitas ketapang di kota berjuluk Serambi Mekkah, Polres Padangpanjang juga membagikan bantuan paket sembako berupa beras dan telur untuk petani.

“Ini salah konsistensi kita untuk membantu pemerintah dalam menjaga ketapang selama masa pandemi. Tidak dipungkiri pangan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat. Ada istilah, di saat perut kosong, orang bisa bertindak nekat untuk bisa memenuhi keinginannya. Dampaknya tentu stabilitas keamananan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) akan terganggu,” ungkap Simamora didampingi Kasat Binmas AKP Irma Y Nasution.

Disebutkannya, ketersediaan bahan pangan dipengaruhi ketersediaan bahan baku, yang berarti bergantung pada produksi dari kegiatan pertanian. Di masa pandemi ini, petani tetap terus bekerja di lahan menyesuaikan protokol produksi untuk menjamin kualitas dan kuantitas serta keamanan pangan di tengah pandemi.

Baca Juga:  Ikuti Vaksinasi Kedua, Wako Fadly: Alhamdulillah, Aman-aman Saja

Termasuk Padangpanjang, meski hanya kota kecil harus berperan kuat dalam upaya pencegahan krisis pangan walaupun hingga saat ini masih dalam kondisi Covid-19. “Kita menurunkan personil untuk mendukung giat ketahanan pangan. Termasuk juga membagikan sebanyak 10 paket sembako terhadap petani terkait,” tutur Irma.

Pada kesempatan itu juga hadir Kapolres AKBP Apri Wibowo, Ketua DPRD Mardiansyah dan sejumlah perwira serta personil Satbinmas. (wrd)