Percantik Pasar Pusat Padangpanjang, Pemko Anggarkan Rp 8 Miliar Lagi

Pemko Padangpanjang menganggarkan dana lagi untuk mempercantik Pasar Pusat Padangpanjang. (IST)

Tahun ini Pemko Padangpanjang kembali mengganggarkan dana lebih kurang Rp 8 miliar untuk mempercantik wajah kawasan Pasar Pusat Padangpanjang, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran Covid-19. Ditargetkan rampung dalam enam bulan, kawasan pasar bakal tacilak dan menarik untuk dikunjungi.

“Kita berupaya bagaimana memaksimalkan kawasan pasar itu menjadi lebih asri, dikunjungi orang, menjadi daya tarik. Tahun ini akan ada pembenahan. Sekarang dalam proses tender dan tanda tangan kontrak,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Padangpanjang, Welda Yusar, Senin (25/01/2021).

Terhitung pengerjaan dari bulan April dan perkiraan selesai di September, lanjut Welda, Pemko akan mempersembahkannya sebagai hadiah di Hari Jadi Kota (HJK). “Mudah-mudahan terlaksana dan menjadi hadiah di HJK,” tuturnya.

Welda menyebut, trotoar akan dibangun mulai dari Jalan M. Syafei menuju Jalan Khatib Sulaiman, serta di Jalan Imam Bonjol. “Pengerjaan trotoar mulai dari simpang Gedung M. Syafei sampai ujung dekat gerbang Tanah Hitam. Kemudian, mulai simpang AB Mart, sampai simpang Bank Nagari Syariah,” jelasnya.

Baca Juga:  Terjebak di Hutan, 4 Pelajar Ditemukan Selamat

Konsep pedestrian di kawasan pasar tersebut, kata Welda, merujuk sejumlah konsep di beberapa daerah di Indonesia termasuk daerah sekitar. “Ada yang bagus, kenapa tidak kita terapkan seperti pemakaian ‘bollard’. Padang kita rujuk, Bukittinggi kita rujuk. Ini kita kolaborasikan memberikan sesuatu yang spesial di Kota Padangpanjang,” lanjutnya.

Trotoar dengan material andesit itu, kata Welda, ramah difabel. Di spot-spot tertentu, nantinya ada pepohonan, taman, tempat duduk dan lighting. Pangkalan ojek akan dirapikan, berkordinasi dengan Dinas Perhubungan. “Kita akomodir agar lebih rapi pangkalannya,” katanya.

Dijelaskan Welda, di depan pasar akan ada vertical garden dan ampitheater mini sebagai panggung tempat anak-anak muda berkreasi seni. Di pasar juga disediakan “Tourist Information Center” yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. (rel)