MTsN Padangpanjang Butuh Lahan Untuk Bangun Asrama

38

Anggota DPR-RI dari Komisi VIII, HM Asli Chaidir berkunjung ke MTsN Padangpanjang, disambut pimpinan sekolah dan komite sekolah. Kedatangan anggota dewan dari Fraksi PAN Dapil 1 Sumbar ini, bertempat di kampus lokal jauh MTsN Padangpanjang, di Ngalau Padangpanjang, Sabtu (28/5).

​​“Saya sengaja datang ke sekolah MTsN Padangpanjang ini untuk menampung aspirasi mengenai sarana dan infrastruktur apa yang dibutuhkan terutama sekolah yang boarding school yang berkarakter agama dan pendidikan berkualitas di bawah naungan Kemenag. Kebetulan hari ini saya sedang ada kunjungan ke Kauman Padangpanjang,” ujar Asli Chaidir yang mengaku sudah tiga kali mengunjungi MTsN Padangpanjang.

​​Asli Chaidir didampingi Ketua Komite M.Nur Idris dan staf ahli Jumali diterima oleh Wakil Kepala Sekolah bidang humas Renida dan Wakil Kepala bidang sarana Ahmad Darmawan, Dewan Pembina Komite Sekolah Hj. Dessy Bunda Zona, Kepala TU Sofiardi serta guru dan karyawan MTsN Padangpanjang.

​​Wakil Kepala Sekolah bidang sarana Ahmad Darmawan menyampaikan bahwa MTsN Padangpanjang mempunyai siswa 1.067 orang. Konsep MTsN Padangpanjang ini boarding school dengan anak asrama berjumlah 450 orang. Saat ini membutuhkan bangunan asrama baru.

​​“Kami sangat membutuhkan asrama bagi siswa putra dan putri dan kini sedang kami ajukan permohonan kepada Kemenag. Untuk pengadaan tanahnya kami mohonkan kepada Pemko Padangpanjang dimana untuk rencananya akan dibuat di lahan lokal jauh ini. Kami juga butuh sarana pendukung berupa halaman parkir dan lapangan olah raga seperti basket dan voli di pekarangan bangunan lokal jauh MTsN Padangpanjang lokasi Ngala ini,” ujar Ahmad Darmawan yang diamini oleh Wakil bidang humas Renida dan Kepala TU Sofiardi.

Baca Juga:  KPU Padangpanjang Songsong Tahapan Pemilu 2024

​​Terhadap aspirasi yang disampaikan oleh pihak sekolah MTsN ini, Asli Chaidir berjanji akan mencoba menyampaikan kepada Kemenag Pusat. Ia meminta agar pihak MTsN membuat proposal permohonan kepada Kementrian Agama atau Kementerian PUPR untuk pengadaan asrama serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Ia berjanji akan mengawal permohonan ini kepada Kementerian Agama. Khusus untuk Kementerian PUPR, Asli Chaidir akan berusaha menyampaikan dengan rekannya di Komisi V.

​​Asli Chaidir menyempatkan berkeliling melihat-lihat bangunan ruang kelas baru (RKB) lokal jauh MTsN Padangpanjang bantuan SBSN 2021. Ia memuji bentuk dan pekerjaan bangunan baru SBSN MTsN Padangpanjang.

Setelah melihat-lihat bangunan lokal jauh MTsN Padangpanjang dan rencana penambahan lahan untuk asrama. Asli Chaidir mendukung MTsN Padangpanjang untuk mendapatkan asrama serta sarana prasarana lainnya.

​​“Cobalah ajukan permohonan kepada Kementerian Agama dan minta dukungan dari Kemenag Provinsi Sumbar. Nanti kita bantu bersama-sama untuk mendorong dan mengawalnya dalam rapat dengan mitra kerja Komisi VIII yakni Kementerian Agama RI,” ujar Asli Chaidir.

Dari MTsN Padangpanjang, Asli Chaidir menuju acara serah terima pembangunan asrama putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang yang merupakan bantuan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebanyak Rp1 Miliar melalui aspirasinya sebagai anggota DPR-RI dari Komisi VIII.(*)