Irjen Kemenkumham Takjub dengan Rupajang. Ternyata Ini Penyebabnya…

52

Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir. Razilu didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Padangpanjang (Rupajang), Sabtu (29/1/2022).

Kedatangan dalam agenda Menyapa, Mengajar dan Menyadarkan (3M) aparatur di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar itu, Razilu mengaku sangat takjub inovatif luar biasa yang ditengarai Kepala Rupajang termuda Rudi Kristiawan itu.

Disampaikan Rizalu usai meninjau setiap sudut “perumahan” Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) itu, rutan yang minimalis, mampu mempunyai beragam inovasi yang tidak dimiliki tempat lain. Lebih luar lagi diakuinya, rutan itu kaya sertifikat.

“Jujur saya sangat takjub dengan kondisi rutan ini. Meski kecil, memiliki terobosan yang sangat besar memberikan pelayanan dan pembinaan yang hebat. WBP semua terbukti memiliki pembinaan intelektual yang baik,” ungkap Rizalu kepada wartawan usai bertemu WBP.

Terhadap Karutan Rudi Kristiawan, Irjen yang religius itu juga menyampaikan apresiasinya atas perubahan luar biasa selama kurun waktu tahun belakangan. Meski baru dipercaya memimpin, banyak hal luar biasa yang dilakukan untuk mewujudkan zona integritas menuju WBK WBBM.

Baca Juga:  Perkembangan Bank Sampah Stagnan

“Kami akan telusuri ke Kementerian. Rutan Padangpanjang atau Rupajang ini sangat laik menerima predikat WBK WBBM. Semua sudah baik dan lengkap. Bahkan mereka memiliki yang tidak ada di rutan dan lapas lainnya,” sebut Rizalu diamini Andika dan Rudi.

Rudi mengaku sangat bersyukur mendapatkan apresiasi dari Irjen Kemenkumham atas kondisi dan program layanan di Rupajang.

“Kita tidak punya orientasi apa-apa, selain niat memberikan pengabdian terbaik untuk melayani dan membina WBP. Semua tidak terlepas dari kerja keras bersama, dan komitmen dari WBP untuk mematuhi seluruh ketentuan. Di sisi kebutuhan, kita penuhi untuk keperluan WBP. Baik berupa layanan silaturahmi keluarga, maupun asupan makanan,” jawab Rudi. (wrd)