Hutama Karya Bantu Masyarakat Terdampak Korona Sekitar Proyek Tol

42
Penyaluran bantuan secara simbolis dari perwakilan PT Hutama Karya kepada warga terdampak ekonomi akibat korona di Nagari Buayan LubukaLung dan Nagari Paritmalintang. (Foto: IST)

PT. Hutama Karya (Persero) yang mengerjakan proyek jalan tol ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Padang memberikan bantuan kepada 305 kepala keluarga (KK).

Bantuan diberikan kepada masyarakat beberapa nagari di Kabupaten Padangpariaman.

Masyarakat yang mendapatkan bantuan uang Rp 750 ribu per KK tersebut warga terdampak ekonomi akibat korona (Covid-19) di sekitar proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Bantuan diserahkan Selasa (2/6/2020) oleh perwakilan PT Hutama Karya secara simbolis kepada warga Nagari Buayan Lubukalung dan Nagari Paritmalintang.

Project Director PT Hutama Karya Marthen Robet Singal menyampaikan bantuan tersebut sudah mulai disalurkan sejak pekan lalu kepada 305 KK di sejumlah nagari di Padangpariaman.

Nilai bantuan yang dibagikan, katanya sebesar Rp 228.750.000. Proses penyaluran langsung ke rekening bank milik keluarga tersebut.

”Penyalurannya sudah dilakukan. Uang langsung masuk ke rekening masyarakat yang menerima,” katanya.

Untuk data penerima, pihaknya meminta bantuan kepada wali nagari. ”Yang mengetahui kondisi warganya adalah wali nagari. Makanya kita minta bantuan pemerintahan nagari agar bantuan ini tersalurkan pada masyarakat yang tepat dan berhak,” ujarnya.

Disampaikannya kriteria masyarakat penerima adalah masyarakat kurang mampu dan terdampak karena korona. Misalnya, pedagang yang jualannya sepi karena masyarakat tak banyak keluar rumah.

“Bisa juga tukang ojek yang pendapatannya menurun karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan lainnya,” ungkapnya.

Marthen Robet Singal berharap masyarakat penerima bantuan ini bisa memanfaatkan bantuan itu dengan baik.

Dia menyebutkan bantuan ini salah satu upaya PT Hutama Karya agar masyarakat terdampak korona bisa terbantu.

”Kita menyadari hampir seluruh aspek dan sektor terdampak. Bantuan ini kita prioritaskan pada masyarakat yang belum terbantu oleh pemerintah,” katanya.

Hal itu dibenarkan Wali Nagari Paritmalintang Padangpariaman, Syamsuardi saat menerima bantuan itu secara simbolis.

Menurutnya, ada 19 KK yang mendapatkan bantuan dari PT Hutama Karya ini. Dia menyebutkan bantuan diberikan kepada masyarakat yang belum terbantu dari program bantuan langsung tunai (BLT) pemerintah, baik pusat maupun daerah.

”Kita memiliki data dan ternyata ada warga kita yang belum tersentuh bantuan pemerintah dan memang membutuhkan. Warga seperti itu yang menjadi prioritas kita dalam menyalurkan bantuan,” katanya.

Diharapkannya, bantuan yang sudah diterima warga ini dimanfaatkan dengan baik. ”Kami atas wali nagari menyampaikan terima kasih kepada Hutama Karya. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkannya,” katanya.(eko)