Bangun Edukasi, Buka Lebar Peran Media Mainstream

Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran menyambut kunjungan silaturahmi Direktur Padang Ekspres Nazir Fahmi bersama rombongan di ruangan kerjanya, Padangpanjang, kemarin (2/9). (IST)

Keakraban begitu terasa saat Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran Dt Paduko Malano menyambut kunjungan silaturahmi Direktur Padang Ekspres Nazir Fahmi dan rombongan di ruangan kerjanya, kemarin (2/9).

Didampingi Sekretaris Kota (Sekko) Padangpanjang Sonny Budaya Putra, Wako Fadly Amran melihat peran media sangat penting bagi pemerintah dalam membangun edukasi terhadap publik melalui penyebaran informasi bernas. Terutama, menyikapi tinggi kontaminasi di era revolusi industri seiring pesatnya perkembangan teknologi yang mempengaruhi peningkatan pola pikir masyarakat.

Di era milenial sekarang, Fadly juga mengakui kualitas intelektual masyarakat juga sudah berkembang pesat. Intelektualitas individual masyarakat, tidak lagi hanya dapat dilihat di kalangan birokrat atau tokoh. Namun, juga hingga ke kalangan masyarakat lapisan bawah seiring mudahnya akses informasi melalui teknologi gadget.

Hal ini, menurut Wako Padangpanjang, bisa berdampak positif, sekaligus berimbas negatif bagi masyarakat dalam mencerna beragam informasi tersebut. Karena itulah, peran media mainstream menjadi sangat diharapkan pemerintah dalam menyebarkan informasi yang bernas dan bertanggung jawab, serta dipercaya.

”Terutama Harian Pagi Padang Ekspres sebagai salah satu media terbesar di Sumbar, tentu memiliki peran besar sebagai gerbang informasi publik. Karena itu, kami yakin Padang Ekspres akan turut berperan mendorong jalannya pemerintah di Padangpanjang ini dengan memberikan sumbang saran dan kritikan bersifat membangun lewat pemberitaan,” ujar Wako Fadly.

Pada kesempatan itu, Fadly juga menyebut, jajarannya sangat membuka diri dalam kemitraan dengan kalangan media. Hal ini seiring makin meningkatnya kepercayaan publik terhadap media mainstream pada 2019 lalu dengan posisi tertinggi di angka 60 persen. ”Kami sangat berharap sinergisitas ini dapat berlangsung secara kontiniu, agar semua informasi dapat tersampaikan ke publik dengan baik dan benar,” tutur Fadly.

Direktur Padang Ekspres Nazir Fahmi menilai, sikap Pemko Padangpanjang membuka diri membangun kemitraan dengan media sebagai langkah sangat bijak. Mengingat, media dalam masyarakat modern mempunyai peran sangat penting. Di mana, media berperan menjadi sumber informasi dan edukasi dalam waktu relatif cepat. Meski demikian, cepatnya penyebaran berita terkadang tidak dilandasi dengan fakta kuat, sehingga media mainstream seperti koran tetap masih menjadi rujukan utama.

Baca Juga:  DPRD Padangpanjang Setujui Perda APBD Perubahan dengan Catatan

Saat ini, pemerintah juga dinantikan keterbukaan informasi publiknya, dan media menjadi jembatan informasi antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat juga dapat turut, serta mengawal berbagai program pemerintah yang telah dicanangkan.

Namun, bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika media memberitakan hoax, hal yang sangat merugikan banyak pihak. Bahkan, bisa juga menimbulkan permasalahan. Tentu saja, hal tersebut haruslah menjadi perhatian bagi media mainstream untuk senantiasa mengawal dan melawan berita hoax dengan fakta. Tentunya, guna menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

”Sampai kapan pun media harus berperan menjaga kestabilan pemerintahan. Karena seperti layaknya makanan, jika informasi yang diberikan adalah informasi sarat gizi, tentu pihak penerima produk media berupa berita maupun informasi dapat menyikapi pemberitaan tersebut dengan bijak,” ujar Nazir.

Terkhusus Padangpanjang, menurut dia, sangat mudah penyebarluasan informasi terhadap masyarakatnya. Karena itu, pemko harus senantiasa menyajikan informasi yang valid melalui kemitraan dengan media mainstream.

”Dalam hal ini, Padang Ekspres sebagai koran terbesar di Sumbar juga berkomitmen memberikan edukasi secara komprehensif terhadap masyarakat. Termasuk informasi berkaitan kebijakan pemerintah di Sumbar, dan Padangpanjang khususnya lewat kemitraan dengan Pemko yang sudah terjalin sejak lama. Kita akan berperan maksimal memberikan yang terbaik bagi Pemko Padangpanjang dalam mewujudkan kejayaan Padangpanjang yang bermarwah dan bermartabat,” tutur Nazir.

Silaturahmi di ruangan kerja Wali Kota itu, juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Padangpanjang Ampera Salim, Pimpinan Redaksi Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra, Manager Iklan Dicky Junaidi dan Manager Pemasaran Sarbidin. (wrd)