Penumpang Pesawat Menurun, Satu Penerbangan hanya 64 Orang

Kondisi Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Senin (6-4) malam. (Foto: Humas BIM)

Pada masa pandemi virus korona (Covid-19) saat ini, jumlah penumpang pesawat yang masuk ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman terus berkurang.

Bahkan, Senin (6/4), jumlah penumpang datang ke Sumbar sebanyak 857 orang. Sedangkan penumpang berangkat sebanyak 524 orang. Mereka menumpangi 13 pesawat yang datang dan 13 pesawat yang berangkat di BIM.

Humas Angkasa Pura II Cabang BIM, Fendrick Sondra menyebutkan, dalam satu penerbangan, biasanya pesawat seperti Lion Air, rata-rata terisi 185 seat (tempat duduik). Namun, sekarang rata-rata dalam satu penerbangan hanya terisi 64 orang.

“Memang jumlah penumpang turun. Kalau dirata-ratakan per flight (penerbangan) yang datang cuma 64 orang,” ujar Fendrick. Sementara total penerbangan yang datang dan berangkat dibatalkan sebanyak 56.

Sesuai protokol kesehatan, kata Fendrick, semua penumpang telah melalui pemeriksaan thermal scanner oleh pihak KKP Padang.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, seluruh penumpang dalam kondisi suhu tubuh kurang dari 38 derajat celcius. “Tidak ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti demam, batuk dan sesak nafas,” katanya.(esg)