Gaet CSR Tambang, LPM Nagari Lubuk Alung Serahkan Bantuan Ayam

65

Penyerahan simbolis dana Pemberdayaan dari CSR tambang oleh Ketua LPM Nagari LA, kepada warga Ganting dan Kampung Koto, disaksikan anggota LPM dan walikorong. Masing-masing 13 ekor ayam betina dewasa plus dua pejantan. Penerima diajukan LPM dan dikawal pemeliharaannya.

Lubuk Alung cukup beruntung. Nagari induk Lubuk Alung dengan pemekaran delapan nagari lainnya di Kecamatan Lubuk Alung tersebut, kaya dengan potensi sumber daya alam, terutama tambang galian C dan pertanian. Selain itu juga menghampar potensi wisata.

Ketua LPM Nagari Lubuk Alung, Sukri Umar Dt Pado Basa, menyebut pihaknya tentu mendorong segala sesuatu yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam. Asalkan dilakukan secara profesional dan legal. Termasuk pertambangan yang saat ini setidaknya ada beberapa buah yang sudah ada izin, dan di antaranya mulai beroperasi.

“Kami meminta para pemilik izin dan penambang resmi, agar menyisihkan sedikit pendapatan mereka untuk CSR. Alhamdulillah dengan pendekatan persuasif, mereka mau. Dan ini tidak mengganggu program CSR dalam bentuk lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Berbagi, KarajoElok.com Sebar Paket Bantuan untuk Disabilitas

Sebagai ketua LPM, pihaknya membicarakan program pemberdayaan warga tersebut setelah mendapat masukan dari sejumlah ninik mamak. Mereka gusar, karena selama ini banyak tambang di nagari namun tak terukur bentuk pemberdayaan sanak kemenakan, terutama pemberdayaan ekonomi.

Atas masukan dari ninik mamak, program dibicarakan dengan anggota LPM di masing-masing Korong, dalam hal ini Korong Ganting dan Kampuang Koto. Untuk selanjutnya akan diperluas ke korong korong lain dalam kenagarian Lubuk Alung.

Untuk program perdana, LPM telah menyerahkan bantuan dalam bentuk ternak untuk dua warga yang dianggap paling layak menerima, mewakili korong. “Masing-masing dapat 15 ekor ayam. Memang tak seberapa, tetapi ini menjadi langkah awal bahwa jika semu berkolaborasi, saling percaya dan transparansi, tak ada yang tak bisa dilakukan,” ujar wartawan senior ini. (*)

Previous articleMahyeldi dan Audy Joinaldy Divaksin Hari Ini
Next articleJadikan Anak Berkualitas, Nevi: Penuhi 10 Hak Anak Ini!