Harimau Dahan Mangsa Kambing Warga

199
Ilustrasi harimau dahan. (Foto: IST)

Warga Koronggantiang Kotoburuk Nagari Lubukalung, Kecamatan Lubukalung Padangpariaman digegerkan dengan kematian dua ekor kambing warga yang diduga dimangsa harimau dahan, Sabtu (6/6).

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, Minggu (7/6) dua ekor kambing milik warga sekitar tersebut ditemukan dengan kondisi setengah bagian tubuh telah habis dimangsa. Kedua ekor kambing ditemukan mati saat masih berada di dalam kandang. Peristiwa itu membuat masyarakat sekitar khawatir dan cemas jika binantang yang diduga harimau tersebut kembali mendatangi pemukiman warga.

Neldawati, 40, pemilik kambing mengatakan ia menemukan kambing itu mati sekitar pukul 14.00. Katanya kambing yang berada di dalam kandang berjumlah tiga ekor. Namun satu ekor lagi masih belum ditemukan. “Jadi yang mati dimangsa mungkin oleh harimau itu sebanyak dua ekor dengan kondisi satu ekor habis setengah badan, dan satu ekor lagi bagian ekornya habis dimakan,” jelasnya.

Warga lainnya, Rina Gunawan, 43, mengaku sempat melihat sekilas binatang mirip dengan seekor harimau bersembunyi di dalam semak-semak di sekitar pemukiman warga. “Jadi pada Sabtu sekitar pukul 15.00,  saya sempat melihat seekor binatang mirip harimau yang bersembunyi di balik semak-semak. Kira-kira jaraknya dengan saya itu sekitar 10 meter,” jelasnya.

Saat itu dirinya sedang mencari rumput dan melihat hewan tersebut tingginya sekitar 50 sentimeter berwarna oranye. Saat itu hewan tersebut sedang berbaring dan kepalanya tegak melihat ke arahnya. “Setelah melihat hewan itu, saya langsung lari menyelamatkan diri,” tuturnya.

Sementara itu, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat bahwasanya ada binatang yang diduga harimau dan telah memangsa dua ekor kambing milik warga, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) langsung ke lokasi kejadian.

Kepala Resort RKW Padangpariaman BKSDA Provinsi Sumbar, Afdal mengatakan, pihaknya sudah melakukan observasi dan pengecekan untuk mengetahui penyebab matinya dua ekor kambing milik warga tersebut.

Dari hasil observasi, kambing-kambing itu diduga dimangsa oleh binatang buas seperti harimau atau beruang. “Jadi analisis sementara kami adalah kambing dimangsa oleh harimau jenis harimau dahan,” jelasnya.

Analisis tersebut didapatkan dari beberapa karakteristik seperti pola bekas terkaman yang ada pada dua kambing, bekas gigitan, dan juga jejak kaki yang ditemukan di sekitar lokasi. Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya potensi hewan buas lainnya seperti beruang.

Ia akan kembali melakukan observasi untuk mengetahui keberadaan hewan yang diduga harimau dahan tersebut. “Karena kemungkinan hewan ini akan kembali lagi ke sekitaran pemukiman warga,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas seperti memanen atau berkebun sendirian. “Jadi jangan pergi ke kebun sendiri, minimal ada dua orang yang menemani. Pastikan juga membawa alat perlindungan diri seperti kayu,” imbaunya. (a)