Dede Yusuf dan Olivia Zalianty Hadir Virtual di Padangpariaman

6
Dede Yusuf menjadi narasumber Webinar Kemenkominfo RI di Kabupaten Padang Pariaman.(IST)

Artis papan atas tanah air dan sutradara film dihadirkan Kemenkominfo RI sebagai narasumber webinar di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Diantaranya, Dede Yusuf, Olivia Zalianty dan Rudi Soedjarwo.

Sutradara Lima Elang, Rudi Soedjarwo menyebut kelompok maupun aktivis pramuka bisa menjadi inisiator untuk menjaga kebhinekaan Pancasila.

“Gerakan pramuka siap menghadapi tantangan pemuda yang kian kompleks di masa depan. Pramuka harus mampu berperan sebagai inisiator dan kreator serta integrator dari kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun semangat kebangsaan di kalangan generasi milenial saat ini,” katanya.

Dalam webinar yang digelar Sabtu, 14 Agustus 2021 itu, Rudi menyarankan pelopor kepramukaan untuk membuat channel youtube.

“Pemerintah daerah pun harus mendukung untuk membuat akun pramuka di youtube dan media sosial yang konsisten. Audio visual bisa berfungsi sebagai hiburan dan alat pemberdayaan bakat,” sebutnya.

Artis peraih Award Pramuka Lencana Karya Abadi dan Lencana Melati, Dede Yusuf menyebut dampak positif media sosial, selain sebagai sumber informasi, juga bisa mempermudah komunikasi terhadap manusia.

“Majunya teknologi e-commerce memudahkan banyak pihak melakukan transaksi secara online dan membuka lapangan kerja,” katanya.

Media sosial, tambah Dede Yusuf, juga bisa berdampak negatif. Misalnya cyber crime, perubahan prilaku, serta penjajahan budaya.

Baca Juga:  Ketum DPD KNPI Pasbar Jadi Narsum Webinar Kemenkominfo

“Masyarakat di daerah maupun di sekolah, harus memahami tanggung jawab moral agar dapat memanfaatkan media sosial menjadi positif,” katanya.

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengatakan internet sehat merupakan program yang berangkat dari kepedulian komunitas IT terhadap citra internet di masyarakat.

“Internet sehat akan terus melakukan advokasi dan diskusi dengan masyarakat dan institusi,” katanya.

“Jika ingin aman di internet, jangan menyebarkan data pribadi. Jangan mudah terprovokasi, jangan mudah percaya pada kenalan online, serta lakukan cek ulang karena tidak semua informasi di internet benar. Internet memiliki banyak manfaat namun juga memiliki bahaya tersendiri bagi para penggunanya,” pungkas Bupati.

Peneliti dan Pengajar UI, Devie Rahmawati menyebut rasa ingin tahu di internet tidak cukup, tanpa mengisi waktu luang dengan tontonan yang bermutu.

“Seringlah dengar podcast literasi digital, perkembangan saham, dan baca buku. Implementasikan hasil belajar literasi dengan skill,” pintanya.

Webinar diakhiri oleh artis yang juga andalan nasional Kwarnas Pramuka, Olivia Zalianty. Pemain film pemilik 131 ribu followers ini menutup webinar dengan menyimpulkan paparan dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber.(rel)