Pertanian Penyumbang Terbesar PDRB

16
ilustrasi. (net)

Sektor pertanian di Kabupaten Padangpariaman terbukti menjadi penyumbang penting bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Yakni mencapai 23 persen. Untuk itu, Pemkab Padangpariaman terus berkomitmen menyejahterakan petaninya.

”Kita selalu berusaha agar sektor pertanian yang ada bisa menyejahterakan kehidupan petani kita. Sebab memang itulah muara akhirnya,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman, Yurisman, kemarin.

Untuk itu, segala program yang digerakkan pihaknya selalu disinkronkan dengan peningkatan kesejahteraan petani Padangpariaman. Baik itu melalui peningkatan kelembagaan petani, termasuk peningkatan kapasitas kelompok tani dan wanita tani.

”Begitu pula peningkatan produksi hasil pertanian yang dilakukan melalui peningkatan dan pembangunan fasilitas penunjang infrastruktur pertanian. Tidak kalah penting juga peningkatan kapasitas dan kualitas SDM petani kita,” ulas Yurisman.

Upaya yang dilakukan pihaknya melalui program pelatihan, penyuluhan dan ragam sosialiasasi. Ditambah lagi dengan getol menyalurkan berbagai bantuan kepada petani. Baik berupa alsintas, bibit ataupun pupuk.

“Harapan kita petani kita bisa semakin cerdas dalam mencari dan melakukan berbagai langkah terobosan baru, dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian mereka,” harap alumni Universitas Andalas tersebut.

Baca Juga:  Ikan Larangan Lumbung Pangan Nagari

Yurisman turut menjelaskan pihaknya juga menjalin kemitraan dengan lembaga/dinas terkait, sebagai upaya menyejahteraan petani. Misalnya dengan Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM. Jadi, produk pertanian bisa dipasarkan secara luas.

”Tidak bisa dinafikan bahwa sektor pertanian selama ini telah memberikan andil besar dalam menentukan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat Padangpariaman,” hematnya.

Analisis itu diambilnya berdasarkan hasil produktivitas pertanian Padangpariaman yang kian meningkat. Sehingga, Padangpariaman kini dikenal sebagai salah satu daerah surplus atau penghasil utama produksi beras di Sumatera Barat, bahkan tingkat Nasional.

Terpisah, Sekkab Padangpariaman Jonpriadi mengatakan, peran sektor pertanian, perkebunan maupun perikanan memang besar sebagai penyumbang PDRB Padangpariaman. Kendati begitu, pihaknya tidak ingin cepat puas. Sebab, baginya hasil lebih maksimal masih bisa dicapai.

”Capaian utama dari itu memang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Makanya, kita mengupayakan agar pertanian, perkebunan dan perikanan ini bisa terus berkontribusi nyata,” harapnya. (apg)