Dewi Roslaini: 9.509 Usaha Mikro di Padangpariaman Terima Dana BPUM

45
Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja & UKM Kabupaten Padangpariaman Dewi Roslaini.

Sebanyak 21.919 usaha mikro telah divalidasi oleh Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja & UKM Kabupaten Padangpariaman ke Kementerian Koperasi & UKM. Jika semuanya disetujui pusat, maka kabupaten itu mendapatkan stimulus dana segar sebesar Rp52,6 miliar lebih.

Tak dipungkiri, berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19. Pemerintah ingin perekonomian masyarakat berangsur pulih. Tidak lesu lagi. Kelesuan itu tanpa terkecuali, juga sangat dirasakan oleh pelaku usaha mikro (UMKM).

“Untuk menggerakkan sektor ekonomi, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman memanfaatkan bantuan hibah dari Presiden yaitu Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Kita telah melakukan verifikasi dan validasi data usaha mikro tersebut. Hasil validasi itu sudah dilaporkan ke Kementerian Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu, yakni sebanyak 21.919 usaha mikro,” ujar kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja & UKM Kabupaten Padangpariaman Dewi Roslaini SE MM, dalam relisnya yang diterima Padek.Co, Sabtu (17/10/2020).

Bagaimana realisasinya?Alhamdulillah, terealisasi 9.509 usaha mikro Kabupaten Padangpariaman dari 21.917 yang diusulkan tersebut. Selanjutnya proses pencairan kepada masing-masing usaha mikro akan dilaksanakan oleh BRI di unit kerja terdekat, langsung diinformasikan kepada penerima melalui notifikasi BRI untuk proses pencairan dana,” jelas Dewi.

Baca Juga:  Dua Kasat Polres Berganti

Kepada masyarakat yang menerima informasi notifikasi dari BRI, agar dapat segera menghubungi BRI terdekat. Bawa KTP elektronik sesuai nama yang didaftarkan dulu.

“Saya harap pelaku usaha mikro penerima BPUM segera dapat memanfaatkan dana Rp2.400.000 tersebut sebagai modal usaha. Semoga perekonomian mereka ini bergerak normal kembali. Jadi jangan digunakan untuk konsumtif, seperti untuk membeli emas , membeli handphone, atau DP kredit motor,” ujarnya.

Dihitung-hitung, jika terealisasi 21.919 usaha mikro tersebut, maka akan masuk dana sebesar Rp52,6 miliar. (hsn)