Datangi BPN, Rezka Dalami Soal Lahan untuk Percepat Pembangunan Tol

87

Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat II, Rezka Oktoberia, melakukan kunjungan kerja daerah pemilihan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Padangpariaman, Jumat (18/6/2021).

Dalam agenda tersebut, Rezka secara khusus menemui Kepala BPN Kabupaten Padangpariaman beserta jajaran sebagai langkah untuk mengetahui persoalan yang membuat lambatnya proses pembebasan lahan jalan tol yang sudah sejak 2018 groundbreaking oleh Presiden Jokowi.

Di samping itu, Rezka juga meminta segera menuntaskan proses pembayaran ganti rugi menjadi ganti untung kepada masyarakat yang terdampak pembangunan tol Padang-Pekanbaru di Padangpariaman.

“Sejak Maret yang lalu, bisa dicek di Google, saya sudah bersuara agar segera proses ganti rugi kepada masyarakat yang terdampak pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini,” ujar Rezka.


Segala hal yang terkait tahapannya, lanjut Rezka, harus segera divalidasi, lalu beri ganti untung, pelepasan objek dan pemutusan hubungan hukum.

“Saya tegaskan agar pemerintah segera melakukan ‘ganti untung’, bukan ganti rugi kepada masyarakat. Ini sangat penting untuk percepat proses pembangunan jalan tol tersebut, Kementerian ATR / BPN terkhusus BPN Sumbar untuk atensi ini. Sudah terlalu berlarut-larut,” ujar Rezka saat diwawancarai wartawan.

Menurut politisi Demokrat itu, banyak hal yang ditemukan di lapangan dan dari data yang di dapatnya saat kunjungan ke Sumbar.

Baca Juga:  Apresiasi Sembako JPS, Rezka Minta Pemda Fokus & Taktis Atasi Pandemi

Untuk itu, Rezka akan mendalaminya sehingga semuanya jadi terang benderang dan bisa disikapi segera oleh pihak-pihak teekait di pusat dan daerah.

“Kita akan bahas ini di pusat. Saat ini Komisi II DPR RI juga sudah membentuk Panja Mafia Tanah. Ini tentunya juga akan saya bahas di komisi. Target awal yang rencananya selesai awal Juni 2021 ini sudah meleset,” katanya.

Dia menyayangkan selalu molornya pembebasan lahan untuk  pembangunan proyek strategis nasional ini. “Jika terus molor, maka pembangunan jalan tol juga akan molor. Jika pembangunan jalan tol molor, maka visi utama kita untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi juga akan semakin lambat,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rezka juga menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran BPN Kabupaten Padangpariaman untuk segera menuntaskan berbagai masalah yang menjadi penghalang dari keberlanjutan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin ini.

“Tahapan proses ini segera tuntaskan, termasuk apa yang menjadi ranah di BPN Provinsi Sumbar juga diselesaikan segera. Fungsi pengawasan yang merupakan bagian dari salah satu fungsi DPR RI akan kita lakukan,” kata legislator asal Luak Limopuluah ini.(idr)