PPDS Obgin FK Unand-RSUP M Djamil Gelar Kegiatan Character Building

14
Kegiatan penguatan character building diselenggarakan oleh PPDS Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Unand dan RSUP M Djamil Padang.

Upaya peningkatan kinerja dan rasa nyaman saat bekerja perlu dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Character Building yang dilakukan oleh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Obstetri dan Ginekologi (Obgin) Fakultas Kedokteran (FK) Unand-RSUP M Djamil Padang.

Menurut Dr. dr. Bobby Indra Utama, SpOG (K) Urogin selaku Ketua Program Studi PPDS Obgin FK Unand-RSUP M. Djamil, acara ini pertama kali digelar pada tahun 2018 lalu, dan sempat vakum lantaran pandemi covid-19. Sehingga tahun ini digelar kembali.

“Kegiatan ini berlangsung selama sehari semalam, sejak hari Jumat malam hingga Sabtu tanggal 20-21 Mei 2022 lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh 170 peserta, di antaranya termasuk 67 anggota Persatuan Asisten Kegiatan Character Building(Paogi) FK Unand,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Boby ini menuturkan acara tersebut dilaksanakan selama dua hari. Pertama sarapan pagi dan prepare keberangkatan peserta di Balcone Hotel. Kemudian puncak acara digelar di Anai Land (Anai Resort). Dan dihadiri oleh Kepala Departemen Obgin FK Unand-RSUP M. Djamil Padang.

Baca Juga:  Tol Sumbar Lamban! Perbaikan Jalan Kantor Bupati Musti Tunggu Tol Rampung

“Dimana acara ini kita adakan untuk memperkuat character building kita semua, agar dapat lebih baik lagi ke depannya, sehingga keluarga kita juga paham seperti apa tugas kita sebagai dokter spesialis Obgin,” kata Dr. dr. Bobby Indra Utama, SpOG (K) Urogin, Selasa (24/5).

Dalam kegiatan ini dibahas beberapa materi yang dibahas terkait Character Building di antaranya Ice breaking, Identifity performance group games, Fun team building yang dilakukan bersama keluarga, Team building (PPDS) akan membangun rasa kenyamanan dalam bekerja sama di dalam kelompok, energizer games, dan Debrief.

“Pada sesi Ice breaking ini dilakukan untuk menghilangkan batasan diri (self barrier) agar pelatihan bisa berjalan dengan baik, dan melatih konsentrasi,” ucapnya.

Dalam sesi ini dimainkan simulasi game yang sifatnya ringan dan menyenangkan. Kemudian, Identifity performance group games merupakan game kompetensi yang dilakukan bersama keluarga.

Energizer games bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dan membangkitkan kembali semangat peserta. Kegiatan berlangsung dengan meriah, dan penuh kehangatan. (cr4)