Ular Piton 3 Meter Dievakuasi Dari Bangkai Kapal

12
EVAKUASI ULAR: Petugas Damkar menangkap ular di bangkai kapal kawasan Seberangpenggalangan, Batang Arau, Senin (28/2).(IST)

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengevakuasi seekor ular jenis piton di bawah bangkai kapal di Seberangpenggalangan RT 5 RW 3, Kelurahan Batang Arau, Padang Selatan, Senin (28/2).

Informasi yang diterima Padang Ekspres, ular tersebut pertama kali dilihat warga bernama Azwar, 62. Saat itu, ia melihat ular piton masuk ke dalam bangkai kapal yang biasanya digunakan tempat bermain bagi anak-anak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Azwar kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Damkar. Kepala Bidang Operasi Sarana dan Prasarana Dinas Damkar Kota Padang Sutan Hendra, membenarkan penemuan ular tersebut.

Setelah mendapatkan informasi, petugas Damkar langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi satwa liar tersebut. “Evakuasi berjalan lancar dan ular tersebut posisinya berada di bawah bangkai kapal,” ucapnya.

Reptil tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter. Dan ia bersyukur tidak ada korban yang disebabkan oleh ular tersebut. “Bersyukur sekali tidak ada korban dan warga juga cepat melaporkan kepada kami. Butuh tenaga yang kuat untuk proses evakuasinya,” ucapnya.

Baca Juga:  Marawa Beach Club Bikin Padang Makin Tacilak

Ia menambahkan, setelah dilakukan evakuasi, ular tersebut diserahkan kepada komunitas pecinta reptil di Kota Padang, karena komunitas tersebut dianggap mampu menjaga satwa liar tersebut.

Menyikapi penemuan ular ini, ia mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan apabila melihat hewan liar seperti ular dan hewan-hewan liar lainnya, agar petugas dapat mengevakuasi hewan tersebut.

“Pemadam kebakaran tidak hanya bertugas memadamkan api saat kebakaran saja, tapi juga mengevakuasi hewan-hewan liar lainnya,” ujarnya. (cr5)