1 Unit Rumah di Jalan Kehakiman Ludes Terbakar

Petugas Damkar Kota Padang berupaya memadamkan api yang membakar satu unit rumah di Jalan Kehakiman Simpangharu, kemarin (31/3). (Adetio - Padek)

Satu unit rumah di Jalan Kehakiman, Kelurahan Simpangharu, Kecamatan Padang Timur, hangus dilahap si jago merah, Selasa (31/3) sekitar pukul 13.15. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Pantauan Padang Ekspres di lokasi, api menghanguskan seluruh bagian rumah yang berada di kawasan padat permukiman tersebut. Tidak ada barang-barang yang bisa diselamatkan dalam peristiwa tersebut.

Terdengar juga beberapa bunyi ledakan yang berasal dari dalam rumah ketika api menghanguskan rumah tersebut. Api berhasil dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang sehingga tidak menyebar ke rumah-rumah lainnya.

Salah seorang warga, Munasril, 43, kepada Padang Ekspres mengatakan, saat kebakaran terjadi dirinya sedang berada di dalam rumah yang berada persis di samping rumah yang terbakar.

Pada saat itu, dia sempat mencium aroma barang-barang yang hangus terbakar dan mencari sumber aroma tersebut. “Dan ketika saya keluar rumah, ternyata rumah di sebelah rumah saya sudah dipenuhi asap dan api,” ujarnya.

Saat terjadi kebakaran, di rumah tersebut terdapat dua orang penghuni yang telah lanjut usia dan langsung dievakuasi oleh warga sekitar ke tempat yang lebih aman. “Penghuninya sepasang suami istri yang usianya di atas 80 tahun. Langsung saja kami evakuasi ke tempat aman,” ungkapnya.

Setelah itu, masyarakat langsung menghubungi Damkar Kota Padang. Sembari menunggu petugas Damkar, warga sekitar berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Terpisah, Kabid Operasional Damkar Kota Padang, Basril mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung menerjunkan personel ke lokasi. “Alhamdulillah, pemilik rumah atas nama Bahran, 81, pensiunan pegawai BUMN telah diselamatkan warga,” ujarnya.

Dalam proses pemadaman tersebut, pihaknya menerjunkan 10 unit mobil damkar dengan personel sebanyak 90 orang. “Untuk penyebab kebakaran kita serahkan kepada pihak kepolisian,” ujarnya. (*)