Beras Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Disalurkan Bulan Ini

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (foto: diskominfo)

Untuk membantu warga yang terdampak virus korona (Covid-19), mulai April ini, Pemko Padang akan memberikan bantuan beras. Mereka yang berhak menerima akan didata terlebih dahulu oleh petugas kelurahan.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, saat ini Pemko Padang sudah menyiagakan beras sebanyak 400 ton. “Stok ini akan mencukupi. Pemko Padang akan segera mendistribusikan kepada masyarakat April ini,” kata Mahyeldi, Selasa (31/3).

Namun, kata Mahyeldi, tidak seluruh warga berhak mendapatkan beras tersebut. Subsidi beras diberikan kepada mereka yang terdampak, seperti pedagang kecil yang selama ini berdagang di sekolah. Saat aktivitas sekolah dipindahkan ke rumah, maka pedagang tersebut tidak berjualan. Begitu juga bagi tukang ojek pengkolan, dan lainnya.

“Kelurahan sedang mengecek dan memvalidasi data warga terdampak. Semua kita validkan lagi sehingga secara bertahap bisa didistribusikan beras tersebut,” katanya.

Di sisi lain, Mahyeldi mengingatkan para pengusaha agar tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan. Mencari keuntungan berlimpah terhadap barang yang dijualnya dalam masa wabah Covid-19 ini. “Ada yang mengambil kesempatan dalam kesempitan,” ungkapnya.

Dijelaskan Mahyeldi, kondisi itu terlihat ketika harga sejumlah barang relatif naik saat mewabahnya virus korona. Di antaranya seperti alat pelindung diri (APD) yang sebelumnya dijual Rp100-an ribu, kini harganya berada di level Rp700 ribu.

“Kita harapkan di masa saat ini, perusahaan yang punya kelebihan membantu mengatasi masalah. Sudah berpuluh tahun mendapat keuntungan, saatnya berkorban. Di sinilah kita bisa mengukur nasionalisme perusaahan itu, karena itu kita harus bersikap tegas untuk ini,” katanya.(rel)