PKL Sandang Pangan Ditertibkan

Petugas Disdag Padang dibantu SK4 saat menertibkan lapak PKL di Jalan Sandang Pangan, kemarin. (Adetio - Padek)

Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang melakukan penertiban dan pembongkaran terhadap lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang, Selasa (31/3).

Penertiban tersebut bertujuan untuk membuat kawasan Jalan Sandang Pangan menjadi teratur, rapi, dan bersih apalagi di tengah ancaman pandemi virus korona atau Covid-19 di Kota Padang.

Pantauan Padang Ekspres, petugas Disdag Kota Padang dibantu SK4 Kota Padang melakukan penertiban dan mengimbau para PKL yang berjualan untuk membongkar lapak mereka masing-masing.

Dalam penertiban tersebut sempat terjadi penolakan dari masyarakat namun pada akhirnya para pedagang membongkar lapak mereka masing-masing.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, penertiban tersebut untuk menciptakan kondisi Jalan Sandang Pangan dan Pasar Raya Padang menjadi lebih bersih dan teratur.

“Iya, kita minta kepada para PKL yang berjualan di sepanjang Jalan Sandang Pangan untuk membongkar lapak mereka untuk kemudian dibersihkan oleh petugas,” ujarnya.

Endrizal mengungkapkan, setelah lapak-lapak PKL tersebut dibongkar, pihaknya akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sepanjang Jalan Sandang Pangan sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Kita tau pusat-pusat keramaian seperti pasar ini sangat rawan terjadinya penularan Covid-19. Untuk itu, kita upayakan untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, penertiban lapak-lapak PKL juga akan dilakukan di pasar-pasar pembantu lainnya di Kota Padang.
Sementara itu, salah seorang pedagang, Ramlan mengatakan, para PKL yang berada di Jalan Sandang Pangan mengaku belum mendapatkan informasi terkait penertiban tersebut.

Pihaknya hanya mendapatkan sosialisasi tentang adanya penyemprotan cairan disinfektan di Jalan Sandang Pangan. “Kalau diminta dibongkar, ya pasti akan kami bongkar sendiri,” ungkapnya. (*)