Warga RT ini Tutup Akses Orang Luar, Ada Tulisan Lockdown

Masyarakat menutup akses orang masuk ke RT 004 RW 006 Kelurahan Tarandam, Kota Padang, sejak Senin (30/3). (Foto: adk)

Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19) di lingkungan tempat tinggal mereka. Salah satunya menutup akses masuk orang luar ke kawasan permukiman mereka.

Seperti terlihat di RT 004 RW 006 Kelurahan Tarandam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Warga menutup akses masuk orang luar ke kawasan perumahan mereka dengan membentangkan spanduk larangan, dan kursi panjang di depan gerbang masuk. Bahkan ada dipasang juga karton bertuliskan “lockdown”.

“Akses orang luar ditutup sejak Senin (30/3) malam. Hanya masyarakat yang tinggal di RT ini yang diperbolehkan masuk,” ujar Ketua Pemuda RT 004 RW 006 Kelurahan Tarandam, Hen Sinatra

Langkah tersebut, kata Hen, sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19 yang bisa saja dibawa oleh orang-orang yang bukan berasal dari RT itu.

“Penutupan akses masuk ini inisiatif dari warga agar penyebaran virus Covid-19 tidak masuk ke lingkungan tempat tinggal kami. Apalagi Rt sini dekat dengan fasilitas-fasilitas publik yang selalu banyak orang masuk,” jelasnya.

Masyarakat yang tinggal di kawasan itu sekitar 100 kepala keluarga (KK). Mereka sangat setuju dengan penutupan sementara akses masuk. “Penutupan akses ini berakhir ketika pemko menetapkan Kota Padang telah normal kembali,” katanya.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah ketika dikonfirmasi secara online sangat mendukung segala bentuk upaya masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Apalagi itu demi kesehatan dan keselamatan jiwa masyarakat.

“Namun, masyarakat jangan terlalu panik, tapi harus waspada dalam menyikapi kondisi wabah Covid-19,” imbaunya.