Rescuer MRT Semen Padang Latihan Bersama Basarnas

15
ASAH SKILL: MRT PT Semen Padang bersama Basarnas menggelar latihan gabungan tentang confined space rescue atau penyelamatan di ruang terbatas, Rabu (29/6).(IST)

Mine Rescue Team (MRT) PT Semen Padang bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), menggelar latihan gabungan tentang confined space rescue atau penyelamatan di ruang terbatas, di Area Villa 242 IUP 329 Tambang Batu Kapur PT Semen Padang, Rabu (29/6).

Latihan gabungan itu juga diikuti relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, Badan Pemadam Kebakaran Semen Padang, dan volunteer MRT. Latihan pun disaksikan observer dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Latihan itu dibuka oleh Kepala Unit Operasi Tambang, Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang, Hendri Priparis. Turut hadir Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Klas A Padang, Abdul Malik, dan Inspektur Tambang Kementerian ESDM, Adelino Sandha.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, mengatakan bahwa latihan gabungan itu digelar berdasarkan Kepmen ESDM No.1827K/30/MEM/2018, Instruksi Kerja Mine Rescue Team (IK/MON/1500) dan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, serta imbauan dari Kementerian ESDM tentang Kesiap siagaan Darurat.

Kepala Unit Operasi Tambang, Hendri Priparis menambahkan, berdasarkan beberapa regulasi dan imbauan dari Kementerian ESDM, pihaknya menggelar latihan gabungan bersama Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Padang, dan juga dari volunteer MRT.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Klas A Padang, Abdul Malik, menyampaikan bahwa latihan gabungan ini merupakan suatu langkah yang terbaik, karena daerah tambang punya risiko tinggi terjadinya kecelakaan atau suatu bencana.

Dengan latihan itu, menurutnya dapat menguji apakah latihan confined space rescue sudah sesuai dengan SOP, serta juga dapat menambah keterampilan para rescuer. Namun, yang paling diharapkan dari latihan tersebut, menyatukan visi-misi dan penyelamatan manusia.

Baca Juga:  Pemko Padang Atasi Banjir, Bangun 7 Proyek!

“Latihan gabungan ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkesinambungan, supaya ke depan antara rescuer MRT, TRC dan Badan Pemadam Kebakaran PT Semen Padang, bisa saling berkalaborasi dengan Basarnas, terutama dalam penyelamatan manusia,” kata Abdul.

Inspektur Tambang Kementerian ESDM, Adelino Sandha, mengapresiasi latihan bersama tentang confined space rescue tersebut. Menurutnya, latihan gabungan seperti ini adalah upaya dari PT Semen Padang untuk mengasah kemampuan para rescuer MRT.

Ia berharap apa yang dilakukan PT Semen Padang ini, dapat menjadi contoh bagi perusahaan tambang lainnya yang ada di Sumbar.

“Saat ini ada sekitar 200 tambang di Sumbar. Namun yang ada MRT baru Semen Padang. Kami berharap perusahaan tambang lainnya dapat menjadikan Semen Padang sebagai role model,” kata Adelino.

Ia juga berharap latihan bersama itu dapat dilakukan secara rutin, supaya dapat mengasah skill para rescuer MRT PT Semen Padang. Sebab skill rescuer tidak hanya dibutuhkan untuk area tambang, tapi juga di tempat lain.

Contohnya pada saat terjadinya bencana alam, para rescuer dari MRT PT Semen Padang ini tentunya bisa berkalaborasi dengan Basarnas dan BPBD dalam memberikan pertolongan. “Jadi, menurut kami, latihan bersama ini adalah medianya untuk meningkatkan skill para rescuer,” tukasnya. (rel/idr)