Hewan Kurban Warga Kompleks Permata Surga Justeru Meningkat

Proses ibadah kurban di Kompleks Permata Surga Kelurahan Surau Gadang, Sabtu (1/8/2020)

Di tengah deraan pandemi Covid-19, jumlah hewan kurban yang disembelih di Kompleks Permata Surga (PSG) tahun 2020 ini, justeru meningkat.

Tahun lalu hanya 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Idul Adha 1441 H tahun ini menjadi 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Sabtu (1/8/2020), jamaah Mushala Ali Bin Said Kompleks PSG berhasil melaksanakan pemotongan hewan kurban itu tanpa mengalami cidera.

“Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini, panitia kurban menyepakati sapi kurban yang hendak dibeli harus dengan bobot yang memadai yakni antara 70-75 kg atau dengan kisaran harga Rp15 jutaan. Kelompok peserta kurban ada tujuh orang, jadi setiap peserta kurban menyetor dana Rp2,2 juta,” ujar Bendahara Mushala Ali Bin Said, Afdhil Taylor kepada padek.co.

Pengumpulan dana peserta kurban itu sudah dimulai sejak tiga bulan lalu. Dan menjelang Jumat (31/7/2020) final hewan kurban di Mushala Ali Bin Said adalah tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing, yang semuanya dari warga PSG.

Afdhil menyebutkan untuk penyembelihan, panitia pelaksanaan hewan kurban tidak menggunakan ‘tukang bantai’ sebab seperti tahun lalu, warga PSG yang dihuni 80 KK, bahu-membahu melaksanakan proses penyembelihan dengan baik.

Peserta dikumpulkan dalam masjid, kemudian panitia memanggil tujuh orang untuk satu ekor sapi yang bakal disembelih. “Hal ini dilakukan menghindari penumpukan atau kerumunan saat penyembelihan hewan kurban oleh panitia di halaman mushala,” jelas Ketua Mushala Ali Bin Said, Yosnofrizal.

Ketua Panitia Kurban, Ismanzal menambahkan, kupon pengambilan daging telah didistribusikan kepada warga PSG dan masyarakat sekitarnya. Sementara bapak-bapak memproses hewan kurban, ibu-ibu memasak makan siang.

Dan seperti perkiraan kita, proses penyembelihan hingga memasukkan daging masing-masing seberat 1,5 kg ke dalam kantong kresek bantuan Bejo Sujamer dari PT Bintang Toedjoe sudah tuntas dilakukan. Bintang Toedjoe juga membantu panitia dengan produk Bejo Sujamer (susu jahe merah), 20 baju kaos, dan infak.

Kelompok I Kurban Mushala Ali Bin Said tahun ini yakni Benny Suhenti, Sumira, Ridwan, Delvi Sari, Abdul Rahman, Yusniar, dan Yulhendri. Kelompok II Rahmad, Dian Novita Sari, Syafniar, Yurmanidar, Bayu Nusantara, Datuak Toni Markos, dan Zulfa Erianti. Kelompok III Agam Armaya, Ismenyetti, Fadlillah, Andri, Endis, Hendra Saputra, dan Marzuki. Sedangkan kurban berupa kambing dari Heri Sugiarto, Susi Marisa dan Jurniati.

Ketua RT 07/001 Kelurahan Surau Gadang, Husni Jamal mengucapkan syukur atas pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H yang selalu dilakukan dengan semangat kekeluargaan dan silaturahmi. “Semoga tahun 1442 H mendatang lebih meningkat lagi peserta kurban di Kompleks PSG,” ujar Husni Jamal.

Setelah salat Zuhur berjamaah, warga menyantap hidangan makan siang dengan menu samba lado, sup, acar timun, plus gulai kambing spesial masak Bang Gustiar yang ditunggu-tunggu. (hsn)